Tanda-tanda Akhir Zaman

Hari kiamat itu mempunyai tanda, bermulanya dengan tidak laris jualan di pasar, sedikit saja hujan dan begitu juga dengan tumbuh-tumbuhan. Ghibah menjadi-jadi dan merata-rata, memakan riba, banyaknya anak-anak zina, orang kaya diagung-agungkan, orang-orang fasik akan bersuara lantang di masjid, para ahli mungkar lebih banyak menonjol dari ahli haq.Wallahu'alam Bish-shawab


Selasa, 29 Desember 2015

Ciri-ciri dan Karakter Fisik Imam Mahdi


Salah satu tanda kiamat yang sering menjadi pembicaraan adalah munculnya Imam Mahdi. Hingga banyak di zaman ini muncul orang-orang yang mengaku-aku sebagai Imam Mahdi.
Bahkan, di Indonesia seorang perempuan pun ada yang mengaku sebagai Imam Mahdi. Siapa dia? Pasti pembaca sudah mengetahuinya.
Maka sangat perlu kita mengetahui ciri-ciri khusus dari Imam Mahdi. Karena dengan mengetahui ciri-cirinya, kita tidak akan tertipu oleh pengakuan orang-orang yang tak waras tersebut.
Dan berikut ini ciri-ciri Imam Mahdi yang dikabarkan oleh Rasulullah saw, yang saya nukilkan dari buku Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Ahmad Mubyadh.
Dari Abu Sa‘id Al-Khudri ra, Rasulullah saw bersabda: 
 
الْمَهْدِيُّ مِنِّي، أَجْلَى الْجَبْهَةِ، أَقْنَى الْأَنْفِ، يَمْلَأُ الْأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلاً، كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا، يَمْلِكُ سَبْعَ سِنِينَ
 
Al-Mahdi itu berasal dariku, lebar dahinya, dan panjang (mancung) hidungnya, dia akan memenuhi bumi dengan kelurusan dan keadilan, sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi dengan kelaliman dan kezhaliman. Dia akan berkuasa selama 7 tahun. (HR. Abu Dawud, Sunan Abi Dâwud, kitab Al-Mahdi, hadits no. 4265 [‘Aun Al-Ma‘bud (11/375)] Al-Bustawi menukil dari Ibnul Qayyim bahwa dia berkata, “Abu Dawud meriwayatkannya dengan sanad yang jayyid (baik).” Disebutkan bahwa Al-Albani menetapkan hadits ini berderajat hasan, lalu dia mengomentarinya, “Hadits ini hasan karena syahid-syahidnya.” [Al-Bustawi: Al-Mahdi Al-Muntazhar (175)])
Penjelasan:
1. Hadits ini mengutarakan cirikhas terpenting yang dengannya Al-Mahdi dapat dikenali dengan mudah, yakni tersingkapnya rambut dari dahi hingga mendekati pertengahan kepala, tetapi bukan botak, dan orang yang memiliki cirikhas demikian ini pantas jika dikatakan dahinya lebar. Demikian pula hidungnya yang panjang, dengan kehalusan pada ujungnya dan kebengkokan pada bagian tengahnya. 
 
2. Dua cirikhas inilah yang terpenting yang membedakan penampilan luar Al-Mahdi di antara orang-orang yang lainnya. Karena itulah termaktub penjelasan yang gamblang tentang dua cirikhas ini pada sejumlah hadits, sehingga Al-Mahdi dapat dikenali identitas pribadinya dengan itu. 
 
3. As-Sulami menyebutkan pada kitabnya, ‘Uqad Ad-Durar, sejumlah atsar yang memaparkan tambahan ciri-ciri khusus pada diri imam Al-Mahdi. Saya meringkasnya sifat-sifat itu pada beberapa poin berikut ini:
Cirikhas giginya:
a. (أَفْرِقَ الثَّنَايَا): Gigi-gigi depannya renggang dan saling berjauhan.
b. (بَرِيْقَ الثَّنَايَا): Giginya putih dan berkilauan cemerlang.
Cirikhas kulit dan tubuhnya:
a. (اللَّوْنُ لَوْنُ عَرَبِيٍّ، وَالْجِسْمُ جِسْمُ إِسْرَائِيْلِيٍّ): Warna kulitnya hitam.
b. (ِشَابٌّ مَرْبُوْعٌ): Tidak tinggi dan tidak pendek.
Cirikhas wajah dan pipinya:
a. (حَسَنُ الْوَجْهِ): Tampan wajahnya, wajahnya memancarkan cahaya, seakan-akan bintang yang cemerlang.
b. (كَثُّ اللِّحْيَةِ): Lebat jenggotnya, pada sebuah atsar disebutkan bahwa jenggotnya berwarna hitam.
c. (فِي خَدِّهِ اْلأَيْمَنِ خَالٌ أَسْوَدُ): Pada pipi kanannya ada tahi lalat hitam yang nampak jelas.
Cirikhas kedua mata dan kedua alisnya:
a. (أَبْلَجٌ أَعْيُنٌ): Al-ablaj artinya sesuatu yang jelas jarak antara kedua alisnya sehingga keduanya tidak berangkai atau bergandengan, kedua alisnya bukan alis yang tebal dan berangkai. Al-A‘yun artinya orang yang mempunyai mata yang lebar.
b. (أَكْحَلُ الْعَيْنَيْنِ): Pelupuk matanya hitam dan bukan karena bercelak.
Cirikhas lainnya: perutnya gendut, kedua pahanya kurus, pada paha kanannya ada tahi lalat, dan pada pundaknya ada tanda kenabian.
Inilah beberapa cirikhas fisik Al-Mahdi secara global. Yang paling penting adalah yang disebutkan dengan jelas pada hadits-hadits shahih, yakni dahinya lebar dan hidungnya mancung (panjang). Siapapun yang mengkaji cirikhas tersebut secara teliti dan membandingkannya dengan ciri-ciri fisik Nabi saw serta Imam Ali ra pastilah dia mendapati bahwa cirikhas fisik Al-Mahdi tidak keluar dari keadaan fisik beliau berdua sedikitpun. Barangkali cirikhas fisik yang paling mirip dengan cirikhas fisik kakeknya, Imam Ali ra, adalah perutnya yang sedikit gendut dan dahinya yang bersinar terang. Sedangkan cirikhas fisik yang mirip dengan cirikhas fisik kakeknya, Nabi Muhammad saw, adalah giginya yang renggang, tubuhnya tidak tinggi dan tidak pendek, alisnya yang tidak bergandengan, matanya yang lebar, kedua matanya yang hitam bagai bercelak, serta kedua pahanya yang kurus. Dapat dikatakan bahwa ciri-ciri fisik Al-Mahdi itu campuran dari ciri-ciri fisik dua kakeknya, yakni Nabi Muhammad saw dan Imam Ali ra.
Semoga pemaparan di atas dapat membuat kita semakin yakin akan datangnya Imam Mahdi sebagai bagian dari keimanan kepada Hari Akhir. Tentunya, juga kita bisa terhindar dari orang-orang yang mengaku-aku dan mengklaim diri sebagai Imam Mahdi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar