Salah satu persoalan klasik tentang tanda tanda kiamat besar
adalah perbedaan pendapat tentang tanda yang pertama kali keluar. Pada dasarnya
ada hadis shahih yang menjelaskan bahwa tanda kiamat besar yang pertama kali
keluar adalah terbitnya matahari dari barat. Hanya saja secara tekstual
bertentangan dengan hadis yang shahih lainya. Pada umumnya sebagian besar ulama
berpendapat bahwa munculnya dajjal adalah tanda kiamat besar yang pertama kalí
keluar.
dari hudzaifah bin usaid al ghifari,ia berkata: rosulullah pernah
muncul kehadapan kami ketika kami sedang berbincang bincang. lalu beliau
bertanya, `apakah yang sedang kalian perbincangkan? mereka [para sahabat]
menjawab, kami sedang memperbincangkan hari kiamat. lalu beliau bersabda,
“sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sehingga kamu melihat sepuluh
tanda“. kemudian beliau menyebut asap,dajjal,binatang[yang keluar dari dalam
bumi],terbitnya matahari dari barat,turunya isa bin maryam,ya`juj dan
ma`juj,tiga pembenaman yaitu di timur,barat dan jazirah arab,dan yang terakhir
ialah kelurarnya api dari yaman yang menggiring manusia ketempat berkumpulnya
mereka.shahih muslim
hadis tersebut menjelaskan adanya sepuluh tanda kiamat besar
sebelum terjadinya kiamat.bukan rahasia bahwa dimasa dajjal muncul,maka
kemudiam turunlah nabi isa dan beliau sempat sholat subuh di belakang imam
mahdi sebagai makmum.sedangkan imam mahdi sendiri akan hidup sekitar tujuh
tahun semenjak di baiat sebagai raja arab saudi.padahal kini tanda tanda
kedatangan imam mahdi sudah ada beberapa yang terjadi.dan itu artinya kita
diambang munculnya tanda tanda kiamat besar.insya allah.secara pasti seandainya
imam mahdi sudah di baiat,maka insya allah tidak sampai tujuh tahun dajjalpun
akan muncul.dan kemunculan dajjal adalah tanda kiamat besar yang pertama kali
terjadi dari sepuluh tanda tanda kiamat besar yang lainya.tetapi pendapat ini
bukan final,karena sebagian ulama berpendapat bahwa tanda kiamat besar yang
pertama kali terjadi adalah TERBITNYA MATAHARI DARI BARAT.dan pendapat ini
didasarkan dari hadis yang shahih dan jelas maknanya. dan berikut ini hadisnya.
dari abu zur`ah, ia berkata, “ada tiga kelompok orang muslim yang mendatangi marwan bin hakam di madinah dan mereka duduk di sampingnya, lalu mereka mendengarkan dia yang sedang membicarakan tanda tanda hari kiamat yang di antaranya ia nmengatakan bahwa yang pertama kali keluar ialah dajjal“, lalu abdullah bin amr berkata, “marwan tidak mengatakan sesuatu[marwan tidak tau apa apa ], sesungguhnya saya hafal suatu hadis dari rosulullah yang tidak saya lupakan lagi sesudah itu, yaitu saya mendengar beliau bersabda: “sesungguhnya tanda tanda hari kiamat yang pertama kali keluar ialah terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang dari perut bumi kepada manusia pada waktu duha. entah mana yang belakangan keluarnya, tetapi keluarnya secara beruntun, yang satu mengikuti yang satunya dalam jangka waktu yang dekat“.HR. Imam muslim dan Ahmad
hadis ini sudah sedemikian jelas, ROsulullah telah memastikan
bahwa tanda kiamat yang pertama kali keluar atau terjadi adalah terbitnya
matahari dari barat. tetapi kita jumpai sebagian besar ulama mempunyai pendapat
yang lain. hal ini bukan tanpa sebab,mereka pun punya dalil dalil yang selama
ini tak terbantahkan. begitu pula mereka mereka yang mengikuti hadis tersebut.
perlu di yakini bahwa perkataan Allah dengan perkataanya yang lainya tidak akan
bertentangan, begitu pula perkataan Allah dengan perkataan rosulnya dan
perkataan rosul dengan perkataanya yang lainya.kalau ada beberapa perkataan
Allah atau rosulnya dianggap bertentangan dan tidak bisa diuraikan,maka tidak
menutup kemungkinan ada sebagian manusia yang lain bisa menjelaskanya. dan
sangat mustahil bila perkataan Allah akan saling bertentangan dan begitu pula
rosulnya. karena apa yang dikatakan rosulnya adalah wahyu darinya.bagi siapapun
yang mengkaji masalah ini, insya Allah masih mendapatkan masalah tersebut yang
tak terpecahkan, dan sampai saat ini mungkin masing masing pemegang pendapat
tersebut belum mampu menjawab dalil dalil yang bertentangan. bagaimana dengan
saya, tentunya saya akan memilih salah satu pendapat di atas, dan atas karunia
Allah saya akan memastikan bahwa hanya ada satu pendapat yang diatas kebenaran,
karena mustahil dua pendapat tersebut diatas kebenaran. kalau selama ini masing
masing mempunyai dalil dalil yang tak terbantahkan, maka disini insya Allah
akan terlihat mana dalil yang sesungguhnya dan mana dalil dalil yang
tersamarkan.
tidaklah akan datang kiamat sehingga matahari terbit dari tempat tenggelamnya. apa bila matahari terbit dari barat,maka orang orang pun melihatnya,lantas mereka beriman seluruhnya.maka itulah saat ketika iman seseorang tidak lagi bermanfaatkan bagi dirinya yang belum beriman sebelum itu atau belum mengusahakan kebaikan dalam masa imanya. HR. Bukhori dan Muslim
tidaklah akan datang kiamat sehingga matahari terbit dari tempat tenggelamnya. apa bila matahari terbit dari barat,maka orang orang pun melihatnya,lantas mereka beriman seluruhnya.maka itulah saat ketika iman seseorang tidak lagi bermanfaatkan bagi dirinya yang belum beriman sebelum itu atau belum mengusahakan kebaikan dalam masa imanya. HR. Bukhori dan Muslim
hadis ini menjelaskan bahwa apa bila matahari terbit dari barat,
maka orang yang baru beriman tidak akan diterima dan bahkan seandainya sudah
beriman sebelum terbit matahari dari barat tetapi belum mengusahakan kebaikan
dalam masa imanya pun tidak akan diterima. karena hadis inilah mereka menolak
terbitnya matahari dari barat sebagai tanda kiamat besar yang pertama kali
keluar atau terjadi. hal ini dikarenakan dikemudian harinya nabi isa akan turun
kebumi dan setelah membunuh dajjal maka beliau akan mengajak orang orang kafir
untuk masuk islam. untuk itulah terbitnya matahari dari barat harus di
tempatkan urutanya setelah turunya nabi isa. bagaimana mungkin nabi isa akan
mengajak orang orang kafir bila pintu taubat sudah di tutup ketika terbitnya
matahari dari barat.
pendapat
yang kedua adalah terbitnya matahari dari barat sebagai tanda kiamat besar yang
pertama kali keluar atau terjadi seperti yang di jelaskan sendiri oleh
Rosululah dalam hadis yang shahih yang diriwayatkan oleh imam muslim dan imam
ahmad.secara tekstual tentu saja saling bertabrakan yang tak mungkin dapat di
satukan. tetapi perlu diyakini bahwa apa yang dikatakan Rosulullah adalah wahyu
dari Allah yang tak mungkin saling bertentangan, kalaupun apa yang kita lihat
seperti itu, maka itu tidak berarti tidak ada yang bisa menjelaskanya. hal ini
karena pada dasarnya Allah yang mengatakanya, maka Allah pula yang dapat
menjelaskanya.dan pada dasarnya Allah telah memberikan ilmunya.hanya saja
tinggal manusianya apakah bisa mengambil pelajaran dari apa yang Allah
sampaikan dalam al qur`an dan apa yang diwahyukan pada Rosulnya.kalaupun saya
bisa menjelaskan maka pada dasarnya orang lainpun bisa,karena agama islam agama
sunatullah.siapa yang benar benar mencari , tentu insya Allah akan
mendapatkanya.
sebelum menguraikan pendapat yang saya nyakini, saya ingin bertanya, sekedar intronisasi. jika kalian meyakini munculnya dajjal adalah tanda kiamat yang pertama kali keluar, maka sesungguhnya Rosulullah telah membantah keyakinan seperti itu dan hadisnya shahih.inilah hadisnya
sebelum menguraikan pendapat yang saya nyakini, saya ingin bertanya, sekedar intronisasi. jika kalian meyakini munculnya dajjal adalah tanda kiamat yang pertama kali keluar, maka sesungguhnya Rosulullah telah membantah keyakinan seperti itu dan hadisnya shahih.inilah hadisnya
dari Abu Hurairoh, ia berkata, Rosulullah bersabda: `ada tiga
perkara yang apabila terjadi, maka tidaklah bermanfaat iman seseorang yang
belum beriman sebelum itu, atau belum mengusahakan kebaikan dalam masa imanya;
yaitu terbitnya matahari dari barat, dajjal, dan keluarnya binatang dari dalam
bumi`. HR. imam Muslim
dalam hadis itu Rosulullah telah membantah keyakinan kalian,
karena dalam hadis ini Rosulullah telah mengatakan bahwa bila dajjal keluarpun,
maka sama saja hukumnya ketika terbit matahari dari barat. silahkan periksa
shahih muslim bila tak percaya keberadaan hadis itu. saya yakin kalian berpikir
tentang turunya nabi isa yang akan mengajak orang orang kafir untuk masuk
islam, padahal hadis itu telah menutup pintu taubat.kalian pusing? dulupun aku
begitu sebelum Allah membuka pikiranku.
sekarang
akan saya jelaskan pendapat yang di dasarkan atas dalil yang shahih dan
sarih.dan tentu saja pendapat yang memiliki kepastian dalil adalah terbitnya
matahari dari barat. lalu bagaimana nantinya ajakan nabi isa pada orang orang
kafir? sabar dulu, insya Allah akan saya jelaskan. pendapat yang saya pegangi
ataupun pendapat yang anda pegangi pasti akan berhadapan dengan dalil turunya
isa bin maryam. uraian yang akan saya jelaskan disini,mungkin andapun akan
menerapkan pada dalil yang anda pegangi.tetapi perlu disadari bahwa Rosulullah
telah menentapkan bahwa terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya, adalah
tanda kiamat yang pertama kali keluar. sekarang kita perhatikan hadis berikut
ini.
malam dan siang tidak akan lenyap sehingga laataa dan uzza
disembah. kemudian Aisyah berkata: wahai Rosulullah, sesungguhnya aku
sebelumnya menduga ketika Allah menurunkan ayat: `dialah yang mengutus rosulnya
dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dia memenangkanya di atas
segala agama meskipun orang orang musyrik benci [Ash-Shaff: 9] bahwa kemenangan
agama ini sudah sempurna. maka beliau bersabda: sesungguhnya hal itu akan
berlangsung selama yang Allah kehendaki. kemudian Allah mengirimkan angin yang
baik lalu mencabut nyawa siapa saja yang didalam hatinya terdapat iman walaupun
sebesar biji sawi, dan yang tersisa tinggal orang-orang yang tidak memiliki
iman sekali, sehingga mereka kembali kepada agama nenek moyang mereka. HR.Imam
muslim dan lainya
sebelum membahas hadis ini, sebaiknya buang jauh jauh dari
pikiran anda bahwa hadis hadis rosulullah saling bertentangan. dan hadis ini
bisa menjadi i`tibar bagi orang yang benar benar mencari kejelasan. dalam hadis
ini Rosulullah mengabarkan bahwa laataa dan uzza akan disembah kembali.
kemudian Aisyah terkejut atas dasar perkataan Rosulullah tersebut. Aisyah
beralasan dengan surat ash shaff ayat 9 yang menjelaskan bahwa agama islam akan
dimenangkan diatas segala agama. mendengar perkataan Aisyah, Rosulullah pun
tidak menyalahkan apa yang dikatakan Aisyah, dan beliau bersabda bahwa hal itu
akan berlangsung selama yang Allah kehendaki. sekarang coba anda pikirkan dalam
dalam alasan Aisyah yang menyangkal perkataan Rosulullah bahwa laataa dan uzza
akan disembah kembali, dan rosulullah tidak menyalahkan Aisyah karena memang
ayatnya bersifat mutlak. tetapi rosulullah pun menjelaskan bahwa kemutlakan itu
bukan tanpa batas dengan sabdanya; hal itu akan berlangsung selama yang Allah
kehendaki. dan pada dasarnya perkataan Rosululah yang mengatakan bahwa laataa
dan uzza akan disembah kembali, itu bertentangan dengan surat Ash shaff. dan
jawaban beliau telah menguraikan perkataan aisyah. artinya laataa dan uzza yang
akan disembah kembali, itu tidak bertentangan dengan surat ash shaff, karena sifat
ayat itu akan berlaku selama yang Allah kehendaki.
kaitanya
kisah aisyah dengan permasalahan kita adalah, bahwasanya tidak diterimanya lagi
taubat setelah terbitnya matahari dari barat akan berlangsung selama yang Allah
kehendaki, dan hal itu berlangsung sampai turunya nabi isa. maka setelah beliau
turun kebumi ini, maka pintu taubat di buka kembali, dan hadis hadis nya sudah
jelas.tertutupnya pintu taubat ketika matahari terbit dari barat hadis nya
shahih dan jelas. begitu juga masuknya orang orang kafir kedalam islam yang
diajak nabi isa juga hadisnya shahih dan jelas.itulah misteri permasalahan
kita. apakah anda bisa mengambil pelajaran dari kisah aisyah?
walaupun
dimasa nabi isa nantinya keimanan bisa diterima kembali, maka jangan dikira hal
itu bisa dengan mudahnya orang kafir akan mau beriman, apakah kafir asli atau
kafir karena terbitnya matahari dari barat. hal ini didasarkan adanya hadis
shahih yang menjelaskan bahwa orang kafir, baik kafir asli atau bukan yang
menolak untuk beriman, maka akan dibunuh sebagai orang kafir. kedua kalau dia
belum sempat berjumpa dengan nabi isa, dia sudah lebih dulu berbaring diatas
bantal tanah. perlu disadari bahwa nabi isa rasanya tak mungkin untuk berhadap
hadapan dengan setiap orang kafir, lalu mengajaknya. maka kemungkinan lebih
banyak orang kafir yang diajak untuk masuk islam atau diajak untuk beriman
kembali melalui orang kedua dan seterusnya. jika orang yang berjumpa dengan
nabi isa saja belum tentu mau beriman, apa lagi dengan orang kedua dan
seterusnya. dan jika dilihat dari sisi lain maka akan jauh lebih sulit,
kususnya untuk orang orang tertentu. yang saya maksudkan adalah, bahwasanya
Allah maha mengetahui siapa siapa orang yang terjerumus kedalam kekafiran
dikarenakan kebodohanya atau orang orang yang pada dasarnya bisa mencari ilmu
atau menutup diri dari ilmu hanya karena yang menyampaikan kebenaran bukan dari
kelompoknya. apa lagi orang orang yang menentang kebenaran setelah telah sampai
hujah padanya. jadi sebaiknya waspada. mungkin anda orang yang tak terjerumus
pada kekafiran, tetapi bagaimana dengan keluarga anda.
kalaupun anda meyakini kaluarnya dajal sebagai tanda kiamat besar
yang pertama terjadi, maka dalam shahih muslim tersebut, tentang ada tiga
perkara, maka hadis tersebut telah membantah keyakinan anda. karena rosulullah
telah mengatakan bahwa keluarnya dajjal juga telah menutup pintu tobat. maka
ambilah pelajaran dari kisah aisyah dan apa yang di dengar abdullah bin amr
dari rosulluah, bahwa tanda kiamat yang pertama keluar adalah terbitnya matahari
dari barat. insya Allah.
akan saya lanjutkan penjelasan ini pada kajian hari yang panjang di
masa dajjal, insya Allah akan lebih jelas lagi. insya Allah
kapankah terbitnya matahari dari barat
sudah menjadi keyakinan bersama, bahwa isa ibnu maryam akan turun ke
bumi dan sempat sholat di belakang imam mahdi. jika anda sudah memahami apa
yang telah saya jelaskan, insya allah terbitnya matahari dari barat adalah yang
sesungguhnya yang kita tunggu. jika tiba saatnya imam mahdi keluar (insya allah
sudah dekat) maka dalam hitungan tahun matahari akan terbit dari barat. sudah
banyak para peneliti menulis buku yang menjelaskan tentang dekatnya masa imam
mahdi, baik penulis di timur tengah atau pun di dalam negeri. walau pun
tentunya dengan kekurangan dan kelebihanya masing masing. tetapi semuanya
sepakat bahwa kita akan memasuki masa imam mahdi walau pun tidak sedikit yang
mengingkarinya.
dari abu said al kudri bahwa rosulullah bersabda, pada masa akhir
umatku akan muncul al mahdi. pada waktu itu allah menurunkan banyak hujan, bumi
menumbuhkan tumbuh tumbuhan, memberikan banyak harta, umat menjadi mulia dan ia
hidup selama tujuh tahun atau delapan tahun.mustradrak hakim dan ia berkata, ini adalah hadis shahih isnadnya
tetapi bukhari dan muslim tidak meriwayatkanya dan imam adz dzahabi menyetujui
pendapat tersebut.
dalam riwayat yang lain beliau akan berkuasa selama tujuh tahun
tanpa ada keraguan. tetapi tak mengapa saya menghitungnya dari masa beliau yang
akan berkuasa selama delapan tahun. seperti yang kita dapati dari hadis hadis
yang shahih bahwa nabi isa nanti akan sholat shubuh di belakang imam mahdi yang
ketika itu terjadi di damaskus. dalam riwayat yang lain nabi isa akan menjadi
imam sholat subuh di palestina. kedua riwayat ini tidak bertentangan, alasanya,
pada waktu nabi isa sholat subuh di damaskus, beliau baru turun dari langit dan
sholat tersebut beliau menjadi makmum. sedangkan sholat di palestina yang
ketika itu menjadi imam, maka pada saat itu menjelang di bunuhnya dajal di
tanganya. kedua kejadian tersebut dimasa akhir kehidupan dajjal, yang pada saat
itu dajjal sedang memerangi kaum mukminin. setelah beliau sholat subuh di
damaskus [yang pada saat itu menjadi makmum di belakang imam mahdi] kemudian
beliau pergi mencari dajjal yang akhirnya bertemu di palestina. di sinilah isa
ibnu maryam membunuh dajjal dan hal ini terjadi sesudah beliau sholat subuh
menjadi imam. ini tersirat bahwa imam mahdi tidak di bersama beliau, seandainya
bersama beliau, insya allah imam mahdi lah yang menjadi imam sholat subuh
seperti di damaskus. apakah imam mahdi pada waktu itu sudah meninggal dunia
ataukah beliau masih memerangi di sisi lain. ketika nabi isa yang sholat subuh
di damaskus yang menjadi makmum dengan beliau yang sholat subuh menjadi imam di
palestina, tentunya memakan waktu. apakah dalam hitungan hari atau minggu.
tetapi sepertinya tidak ada hadis yang menyebutkan hal itu. tetapi kita anggap
dulu selama setengah bulan dan kita anggap dulu imam mahdi akan wafat di
damaskus.
dajjal` ketika telah muncul di dunia ini, akan hidup selama satu
tahun dua bulan setengah. Mengenai kesimpulan ini akan di bahas pada pembahasan
tanda kiamat ketiga. Setelah nabi isa sholat subuh di palestina, lalu beliau
dan kaum mukminin memerangi pasukan dajjal yang sedang mengepungnya. [Pada saat
isa dan kaum mukminin solat subuh dalam keadaan terkepung] dan akhirnya isa
menjumpai dajjal dan kemudian membunuhnya. jika di hitung mundur dari nabi isa
yang sholat subuh di palestina dan kemudian membunuh dajjal, dengan nabi isa
yang sholat di damaskus menjadi makmum di belakang imam mahdi, maka dajjal
sudah menjalani hidup selama satu tahun dua bulan. maksudnya, masa dajjal yang
satu tahun dua bulan setengah, sudah menjalani hidup selama satu tahun dua
bulan ketika isa di damaskus.
masa hidup imam mahdi yang delapan tahun [yang kita anggap dulu imam
mahdi akan wafat di damaskus] di kurangi masa hidup dajjal, satu tahun dua
bulan, maka dajjal akan muncul di masa al mahdi ketika beliau melewati masa
enam tahun delapan bulan dari delapan tahun masa kekuasaan dan kehidupanya.
sedangkan terbitnya matahari dari barat terjadi lebih dahulu dari munculnya
dajjal. maka terbitnya matahari dari barat, akan terjadi setelah setelah al
mahdi memasuki masa enam tahun delapan bulan. itu pun jika munculnya dajjal
terjadi di hari terbitnya matahari dari barat, apa lagi jika yang benar bahwa
imam mahdi hanya hidup dan berkuasa selama tujuh tahun. maka artinya matahari
terbit dari barat akan terjadi setelah lima tahun delapan bulan sejak di
baiatnya al mahdi.
PERHATIAN
hadis hadis tentang terbitnya matahari dari barat yang mengancam
manusia, yang apabila manusia menyaksikan matahari terbit dari barat maka orang
yang baru beriman tidak akan di terima, bahkan seandainya seseorang sudah
beriman tetapi belum sempat berbuat amal solih maka keimananya tidak akan
berguna lagi, maka ancaman tersebut di tujukan untuk umat islam saja. karena
zahir ancaman tersebut sudah sedemikian jelasnya di tujukan untuk umat islam.
memaknai secara umum untuk semua manusia, baik islam, kristen, yahudi, budha,
hindu dan agama agama yang lain, dan bahkan ateis, maka hal itu menyelisihi
sunatullah. tidak ada hadis yang shahih yang dengan jelas mengabarkan bahwa
ancaman itu di tujukan kepada semua manusia, baik islam ataupun kafir. apa yang
kita pahami selama ini hanya interprestasi dari hadis hadis tersebut.
ketika terbitnya matahari dari barat, mungkin yahudi dan nasrani
bisa beriman walaupun sudah terlambat. tetapi apakah agama agama lain semisal
hindu, budha dan yang lainya, apakah akan beriman atau masuk islam walaupun
sudah terlambat. bagi yahudi dan nasrani yang mungkin beriman, maka itu wajar
saja. karena dua agama tersebut dulunya agama samawi. tetapi selain mereka,
bagaimana mereka menilai bahwa agama islamlah yang benar. apakah tidak terpikirkan
pada yang lain. agama islam adalah agama sunatullah, tidak mungkin tiba tiba
mereka akan beriman walaupun terlambat. saya tidak berbicara bahwa allah mampu
atau tidak, karena itu sudah jelas allah mampu merubah apa yang ada dalam hati
setiap manusia. tetapi saya berbicara tentang dalil, apakah ada dalil shahih
yang menyebutkan semua orang kafir akan beriman ketika matahari terbit dari
barat.
Satu dalil yang pasti mengenai hal ini adalah hadis hadis tentang
nabi isa yang akan mengajak orang kafir untuk masuk islam. padahal pada saat
itu telah terbit matahari dari barat, ini membuktikan bahwa ancaman tersebut
tidak berlaku bagi kaum kafirin. mengenai terbitnya matahari dari barat sebagai
tanda kiamat yang pertama kali terjadi, maka hal itu sudah saya jelaskan dan
insya allah sifatnya pasti.
jika anda termasuk orang orang yang terbiasa mengkaji masalah ini
dan percaya bahwa kita tengah menunggu kedatangan al mahid, maka anda akan
sadar bahwa sesungguhnya yang kita tunggu adalah terbitnya matahari dari barat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar