Secara ilmiah maupun informasi Al-Qur'an kita mendapatkan kepastian
bahwa Kiamat memang bakal terjadi. Tidak ada peluang untuk tidak
mempercayai tentang terjadinya Kiamat. Akan tetapi, kita tentu harus
paham dulu tentang definisi Kiamat. Secara umum., Kiamat adalah
kehancuran dunia kita.
Dalam konteks ilmiah, dunia kita akan mengalami kiamat dua. kali : yaitu
kehancuran planet Bumi dan kehancuran Alam Semesta. Ternyata , agama
kita pun mengenal dua macam kiamat, yaitu Kiamat Sughra (Kiamat Kecil)
dan Kiamat Kubra (Kiamat Besar). Maka, kedua pemahaman itu sebenarnya
sudah berjalan seiring. Sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa kiamat
kecil adalah hancurnya Bumi. Sedangkan Kiamat besar adalah hancurnya
alam semesta.
Secara ilmiah, Bumi kita memang diperkirakan akan mengalami
kehancurannya. Setidak-tidaknya ada 2 mekanisme yang bisa menyebabkan
hancurnya Bumi. Yang pertama. adalah padamnya Matahari dan yang kedua
adalah terjadinya tabrakan antara Bumi dengan batu-batu angkasa. Secara
ilmiah hal tersebut bisa diperhitungkan dan bisa dijelaskan.
Akan tetapi secara umum, Bumi ini memang dipastikan bakal mengalami
kehancuran secara alamiah. Maka jika Bumi mengalami kehancuran yang
dahsyat, seluruh kehidupan di permukaannya pun akan ikut punah.
Demikian pula, secara Qur'ani. Allah berkali-kali mengatakan bahwa
kiamat pasti akan datang. Tidak perlu ada keraguan tentang datangnya
kiamat itu. Bumi akan mengalami kehancuran yang sangat dahsyat dan
fatal. Allah masih merahasiakan peristiwa itu, tetapi pasti ia datang!
Alloh Subhanahu Wata'ala Berfirman;
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ
شَيْءٌ عَظِيمٌ (1) يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّا
أَرْضَعَتْ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ
سُكَارَى وَمَا هُمْ بِسُكَارَى وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ (2)
Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan kalian; sesungguhnya keguncangan
hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat).
(Ingatlah) pada hari (ketika) kalian melihat keguncangan itu, lalailah
semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusukannya dan
gugurlah kandungan semua wanita yang hamil; dan kamu lihat manusia dalam
keadaan mabuk, padahal sebenarnya tidak mabuk, tetapi azab Allah itu
sangat kerasnya. (QS Al-Hajj Ayat 1-2)
Allah Swt. berfirman, memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya agar bertakwa
kepada-Nya seraya memberitahukan kepada mereka peristiwa yang bakal
mereka hadapi pada hari kiamat, yaitu kengerian dan keguncangannya yang
amat dahsyat.
Para ulama tafsir berbeda pendapat sehubungan dengan keguncangan hari
kiamat ini, apakah terjadi sesudah manusia dibangkitkan dari kuburnya di
hari mereka digiring menuju ke tempat pemberhentian hari kiamat,
ataukah yang dimaksud adalah guncangan bumi sebelum manusia dikeluarkan
dari kubur mereka, seperti yang disebutkan oleh firman-Nya:
{إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا. وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا}
Apabila bumi diguncangkan dengan guncangannya (yang dahsyat), dan bumi
telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya. (Az-Zalzalah:
1-2)
{وَحُمِلَتِ الأرْضُ وَالْجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةً * وَاحِدَةً فَيَوْمَئِذٍ وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ}
dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali
bentur. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat. (Al-Haqqah: 14-15)
Dan firman Allah Swt.:
{إِذَا رُجَّتِ الأرْضُ رَجًّا. وَبُسَّتِ الْجِبَالُ بَسًّا}
apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya, dan gunung-gunung dihancurluluhkan sehancur-hancurnya. (Al-Waqi'ah: 4-5)
Sebagian ulama mengatakan bahwa guncangan ini terjadi di penghujung usia dunia dan mengawali kejadian hari kiamat.
Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Basysyar,
telah menceritakan kepada kami Yahya, telah menceritakan kepada kami
Sufyan, dari Al-A'masy, dari Ibrahim, dari AIqamah sehubungan dengan
makna firman-Nya: sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu
kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Al-Hajj: 1) Bahwa kejadian ini
terjadi sebelum hari kiamat.
Ibnu Abu Hatim meriwayatkannya melalui hadis As-Sauri, dari Mansur dan
Al-A'masy, dari Ibrahim, dari Alqamah, lalu ia menyebutkan hal yang
sama.
Ibnu Abu Hatim telah meriwayatkan pula dari Asy-Sya'bi, Ibrahim, dan Ubaid ibnu Umair hal yang semisal.
Abu Kadinah telah meriwayatkan dari Ata, dari Amir Asy-Sya'bi sehubungan
dengan makna firman-Nya: Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan kalian;
sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang
sangat besar. (Al-Hajj: 1) Kejadian ini menimpa dunia menjelang hari
kiamat.
Imam Abu Ja'far ibnu Jarir telah meriwayatkan salah satu di antara
sandaran pendapat ini dalam hadis sur (sangkakala) yang diriwayatkan
melalui Ismail ibnu Rafi' (qadi penduduk Madinah), dari Yazid ibnu Abu
Ziyad, dari seorang lelaki Ansar, dari Muhammad ibnu Ka'b Al-Qurazi,
dari seorang lelaki, dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah
Saw. pernah bersabda:
"إِنَّ اللَّهَ لَمَّا فَرَغَ مِنْ خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ خَلَقَ
الصُّور، فَأَعْطَاهُ إِسْرَافِيلَ، فَهُوَ وَاضِعُهُ عَلَى فِيه، شَاخِصٌ
بِبَصَرِهِ إِلَى العَرش، يَنْتَظِرُ مَتَى يُؤْمَرُ". قَالَ أَبُو
هُرَيْرَةَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَا الصُّورُ؟
قَالَ: "قَرْنٌ" قَالَ: فَكَيْفَ هُوَ؟ قَالَ: "قَرْنٌ عَظِيمٌ يُنْفَخُ
فِيهِ ثَلَاثُ نفخات، الأولى نفخة الفزع،وَالثَّانِيَةُ نَفْخَةُ الصَّعْق،
وَالثَّالِثَةُ نَفْخَةُ الْقِيَامِ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ، يَأْمُرُ
اللَّهُ إِسْرَافِيلَ بِالنَّفْخَةِ لْأُولَى فَيَقُولُ: انفخ نَفْخَةَ
الْفَزَعِ. فيفزعُ أَهْلُ السَّمَوَاتِ وَأَهْلُ الْأَرْضِ، إِلَّا مَنْ
شَاءَ اللَّهُ، وَيَأْمُرُهُ َيَمُدُّهَا وَيُطَوِّلُهَا وَلَا يَفْتُرُ،
وَهِيَ الَّتِي يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: {وَمَا يَنْظُرُ هَؤُلاءِ إِلا
صَيْحَةً وَاحِدَةً مَا لَهَا مِنْ فَوَاقٍ} [ص: 15] فَيُسير اللَّهُ
الْجِبَالَ، فَتَكُونُ سَرَابًا وتُرج الْأَرْضُ بِأَهْلِهَا رَجًّا،
وَهِيَ الَّتِي يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: {يَوْمَ تَرْجُفُ الرَّاجِفَةُ.
تَتْبَعُهَا الرَّادِفَةُ. قُلُوبٌ يَوْمَئِذٍ وَاجِفَةٌ} [النَّازِعَاتِ: 6
-8] ، فَتَكُونُ الْأَرْضُ، كَالسَّفِينَةِ الْمُوبِقَةِ فِي الْبَحْرِ،
تَضْرِبُهَا الْأَمْوَاجُ تَكْفَؤُهَا بِأَهْلِهَا، وَكَالْقِنْدِيلِ
الْمُعَلَّقِ بِالْعَرْشِ تُرَجِّحُهُ الْأَرْوَاحُ. فَيَمْتَدُّ النَّاسُ
عَلَى ظَهْرِهَا، فَتَذْهَلُ الْمَرَاضِعُ، وَتَضَعُ الْحَوَامِلُ.
وَيَشِيبُ الْوِلْدَانُ، وَتَطِيرُ الشَّيَاطِينُ هَارِبَةً، حَتَّى
تَأْتِيَ الْأَقْطَارَ، فَتَلَقَّاهَا الْمَلَائِكَةُ فَتَضْرِبُ
وُجُوهَهَا، فَتَرْجِعُ، وَيُوَلِّي النَّاسُ مُدْبِرِينَ، يُنَادِي
بَعْضُهُمْ بَعْضًا، وَهُوَ الَّذِي يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: {يَوْمَ
التَّنَادِ * يَوْمَ تُوَلُّونَ مُدْبِرِينَ مَا لَكُمْ مِنَ اللَّهِ مِنْ
عَاصِمٍ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ} [غَافِرٍ: 32، 33]
فَبَيْنَمَا هُمْ عَلَى ذَلِكَ إِذِ انْصَدَعَتِ الْأَرْضُ مِنْ قُطْرٍ
إِلَى قُطْرٍ، فَرَأوا أَمْرًا عَظِيمًا، فَأَخَذَهُمْ لِذَلِكَ مِنَ
الْكَرْبِ مَا اللَّهُ أَعْلَمُ بِهِ، ثُمَّ نَظَرُوا إِلَى السَّمَاءِ
فَإِذَا هِيَ كَالْمُهْلِ، ثُمَّ خُسِفَ شَمْسُهَا وخُسفَ قَمَرُهَا،
وَانْتَثَرَتْ نُجُومُهَا، ثُمَّ كُشِطت عَنْهُمْ" قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "وَالْأَمْوَاتُ لَا يَعْلَمُونَ
بِشَيْءٍ مِنْ ذَلِكَ" قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: فَمَنِ اسْتَثْنَى اللَّهُ
حِينَ يَقُولُ: {فَفَزِعَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الأرْضِ إِلا
مَنْ شَاءَ اللَّهُ} [النَّمْلِ: 87] ؟ قَالَ: أُولَئِكَ الشُّهَدَاءُ،
وَإِنَّمَا يَصِلُ الْفَزَعُ إِلَى الْأَحْيَاءِ، أُولَئِكَ أَحْيَاءٌ
عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ، وَقَاهُمُ اللَّهُ شَرَّ ذَلِكَ الْيَوْمِ
وَآمَنَهُمْ، وَهُوَ عَذَابُ اللَّهِ يَبْعَثُهُ عَلَى شِرَارِ خَلْقِهِ،
وَهُوَ الَّذِي يَقُولُ اللَّهُ: {يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا
رَبَّكُمْ إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيمٌ * يَوْمَ
تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّا أَرْضَعَتْ وَتَضَعُ كُلُّ
ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكَارَى وَمَا هُمْ بِسُكَارَى
وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ}
Sesungguhnya Allah Swt. setelah selesai menciptakan langit dan bumi,
beranjak menciptakan sur (sangkakala), lalu diserahkan kepada Malaikat
Israfd. Sekarang Israfil meletakkan sangkakala itu di mulutnya,
sedangkan matanya memandang ke arah 'Arasy menunggu bila ia
diperintahkan (untuk meniupnya). Sahabat Abu Hurairah bertanya, "Wahai
Rasulullah, apakahsur itu?" Rasulullah Saw. menjawab, "Seperti tanduk
(terompet)." Abu Hurairah bertanya, "Bagaimanakah bentuknya?" Rasulullah
Saw. menjawab, "Terompet besar, Israfil akan melakukan tiga kali tiupan
padanya." Tiupan pertama menimbulkan kedahsyatan yang sangat besar,
tiupan kedua adalah tiupan yang membinasakan semua makhluk, dan tiupan
yang ketiga adalah tiupan yang membangkitkan semua makhluk hidup kembali
untuk menghadap kepada Tuhan semesta alam. Allah Swt. berfirman,
memerintahkan kepada Israfil untuk melakukan tiupan pertama, "Tiuplah,
tiupan yang menimbulkan kedahsyatan yang besar!" Maka terkejutlah semua
penduduk langit dan bumi, terkecuali orang-orang yang dikehendaki oleh
Allah tidak merasa terkejut. Allah memerintahkan kepada Israfil, maka
saat itu juga Israfil langsung menjulurkan dan meniupnya. Hal ini
dikisahkan oleh Allah Swt. melalui firman-Nya: Tidaklah yang mereka
tunggu melainkan hanya satu teriakan saja yang tidak ada baginya saat
berselang. (Shad: 15)Maka semua gunung beterbangan menjadi debu, dan
bumi mengalami gempa yang amat dahsyat mengguncangkan semua penghuninya.
Hal ini disebutkan oleh firman-Nya: pada hari ketika tiupan pertama
mengguncangkan alam, tiupan yang pertama itu diiringi dengan tiupan yang
kedua. Hati manusia pada waktu itu sangat takut.(An-Nazi'at: 6-8) Saat
itu bumi bagaikan sebuah perahu yang terombang-ambingkan oleh ombak
laut yang sangat besar berikut para penumpangnya yang bergelayutan
bagaikan pelita gantung yang ditiup angin keras. Semua manusia yang ada
di bumi bergelindingan, dan wanita-wanita yang hamil saat itu juga
melahirkan bayi-bayinya, anak-anak kecil mendadak beruban karena
kesusahan yang sangat. Setan-setan pun beterbangan melarikan diri hingga
mencapai batas ufuk cakrawala; tetapi para malaikat menghadangnya, lalu
memukuli wajahnya hingga setan kembali lagi ke bumi. Manusia
porak-poranda melarikan diri seraya sebagian dari mereka
memanggil-manggil sebagian lainnya. Keadaan inilah yang disebutkan oleh
Allah Swt. di dalam firman-Nya: (yaitu) hari (ketika) kamu
(lari)berpaling ke belakang, tidak ada bagi kalian seorang pun yang
menyelamatkan kalian dari(azab) Allah; dan siapa yang disesatkan Allah,
niscaya tidak ada baginya seorang pun yang akan memberi petunjuk.
(Al-Mu’min: 33) Ketika mereka dalam keadaan demikian, tiba-tiba bumi
terbelah dari satu kawasan ke kawasan yang lainnya, dan mereka melihat
peristiwa besar yang membuat mereka mendapat mala petaka yang tak
terperikan besarnya; hanya Allah sajalah yang mengetahuinya. Kemudian
mereka melihat ke arah langit, tiba-tiba mereka melihatnya mendidih,
lalu matahari dan bulan pudar sinarnya serta bintang-bintang bertaburan
dan saling berbenturan, lalu lenyap dari pandangan mereka. Rasulullah
Saw. bersabda, "Orang-orang yang telah mati tidak mengetahui sedikit pun
dari peristiwa itu." Abu Hurairah bertanya, "Siapakah orang-orang yang
dikecualikan oleh Allah Swt. dalam firman-Nya itu?" (yakni firman Allah
Swt. yang mengatakan):maka terkejutlah segala yang di langit dan segala
yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. (An-Naml: 87)
Rasulullah Saw. bersabda:Mereka adalah para syuhada, sesungguhnya
kedahsyatan yang besar itu hanya dialami oleh orang-orang yang hidup.
Para syuhada itu sekalipun mereka hidup di sisi Allah dalam keadaan
diberi rezeki, tetapi Allah telah memelihara dan menyelamatkan mereka
dari peristiwa buruk yang terjadi di hari itu, yaitu azab Allah yang
ditimpakan kepada makhluk-Nya yang jahat-jahat, seperti yang diceritakan
oleh Allah Swt. dalam firman-Nya, "Hai manusia, bertakwalah kepada
Tuhanmu; sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian
yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah)pada hari (ketika) kamu melihat
keguncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak
yang disusukannya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan
kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak
mabuk, tetapi azab Allah itu sangat besarnya.”(Al-Hajj: 1-2)
Imam Tabrani, Imam Ibnu Jarir, dan Imam Ibnu Abu Hatim telah meriwayatkan hadis ini pula dengan panjang lebar.
Tujuan pengetengahan hadis ini adalah untuk membuktikan bahwa
keguncangan ini terjadi sebelum hari kiamat, hanya penyebutannya
dikaitkan dengan hari kiamat karena peristiwa tersebut dekat sekali
dengan kejadian hari kiamat, seperti halnya penyebutan tentang
tanda-tanda hari kiamat dan yang semisal dengannya.
Ulama lainnya berpendapat bahwa kedahsyatan, kengerian, dan keguncangan
itu justru terjadi pada hari kiamat di Padang Mahsyar saat semua makhluk
dibangkitkan hidup kembali dari kuburannya.
Pendapat inilah yang dipilih oleh Ibnu Jarir, ia memilih pendapat ini karena berlandaskan kepada hadis-hadis berikut:
Hadis pertama.
قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنْ هِشَامٍ، حَدَّثَنَا
قَتَادَةُ، عن الحسن، عن عمران [ابن] حُصَين؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَهُوَ فِي بَعْضِ أَسْفَارِهِ، وَقَدْ
تَفَاوَتَ بَيْنَ أَصْحَابِهِ السَّيْرُ، رَفَعَ بِهَاتَيْنِ الْآيَتَيْنِ
صَوْتَهُ: {يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ إِنَّ زَلْزَلَةَ
السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيمٌ يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ
عَمَّا أَرْضَعَتْ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ
سُكَارَى وَمَا هُمْ بِسُكَارَى وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ}
فَلَمَّا سَمِعَ أَصْحَابُهُ بِذَلِكَ حَثْوا المُطي، وَعَرَفُوا أَنَّهُ
عِنْدَ قَوْلٍ يَقُولُهُ، فَلَمَّا تَأَشَّهُوا حَوْلَهُ قَالَ: "
أَتَدْرُونَ أَيُّ يَوْمٍ ذَاكَ؟ يَوْمَ يُنَادَى آدَمُ، عَلَيْهِ
السَّلَامُ، فَيُنَادِيهِ رَبُّهُ عَزَّ وَجَلَّ، فَيَقُولُ: يَا آدَمُ،
ابْعَثْ بَعْثَكَ إِلَى النَّارِ فَيَقُولُ: يَا رَبِّ، وَمَا بَعْثُ
النَّارِ؟ فَيَقُولُ: مِنْ كُلِّ أَلْفٍ تِسْعُمِائَةٍ وَتِسْعَةٌ
وَتِسْعُونَ فِي النَّارِ، وَوَاحِدٌ فِي الْجَنَّةِ". قَالَ فَأَبْلَسَ
أَصْحَابُهُ حَتَّى مَا أَوْضَحُوا بِضَاحِكَةٍ، فَلَمَّا رَأَى ذَلِكَ
قَالَ: "أَبْشِرُوا وَاعْمَلُوا، فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ،
إِنَّكُمْ لَمَعَ خَليقتين مَا كَانَتَا مَعَ شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا
كَثَّرَتَاهُ: يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ، وَمَنْ هَلَكَ مِنْ بَنِي آدَمَ
وَبَنِي إِبْلِيسَ" قَالَ: فسُرّي عَنْهُمْ، ثُمَّ قَالَ: اعْمَلُوا
وَأَبْشِرُوا، فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، مَا أَنْتُمْ فِي
النَّاسِ إِلَّا كَالشَّامَةِ فِي جَنْبِ الْبَعِيرِ، أَوِ الرَّقْمَةِ فِي
ذِرَاعِ الدَّابَّةِ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yahya, dari
Hisyam; telah menceritakan kepada kami Qatadah, dari Al-Hasan, dari
Imran ibnu Husain, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda membacakan
kedua ayat berikut dengan suara yang keras di salah satu perjalanannya,
yang saat itu orang-orang yang bepergian dengan beliau sudah saling
berdekatan: Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya
keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar
(dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat keguncangan itu,
lalailah semua wanita yang menyusui dari anak yang disusukannya dan
gugurlah kandungan semua wanita yang hamil; dan kamu lihat manusia dalam
keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah
itu sangat kerasnya. (Al-Hajj: 1-2) Ketika para sahabat (yang bepergian
dengannya) mendengar bacaan beliau, mereka segera memacu kendaraannya
mendekati sumber suara itu. Ternyata setelah dekat, mereka mengetahui
bahwa yang membacanya adalah Nabi Saw. dan saat mereka telah berada di
sekelilingnya, maka Nabi Saw. bersabda, "Tahukah kalian, hari apakah
yang dimaksud oleh ayat ini? Yaitu suatu hari yang saat itu Adam
dipanggil oleh Tuhannya, lalu Tuhan berfirman kepadanya, "Hai Adam,
bangkitkanlah kirimanmu ke neraka." Adam bertanya, "Wahai Tuhanku,
berapa banyakkah yang dikirimkan ke neraka?" Allah berfirman, "Dari
seribu orang yang sembilan ratus sembilan puluh sembilannya dimasukkan
ke dalam neraka, sedangkan yang seorang dimasukkan ke dalam surga." Para
sahabat merasa berduka cita karena mereka masih belum memahami apa yang
dimaksud oleh sabda Nabi Saw. itu. Melihat gejala tersebut Nabi Saw.
bersabda menjelaskannya: Bergembiralah kalian dan beramallah. Demi Tuhan
yang jiwa Muhammad berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya,
sesungguhnya kalian benar-benar bersama dengan dua jenis makhluk
lainnya, yang tidak sekali-kali kedua jenis makhluk itu dikumpulkan
bersama sesuatu, melainkan membuat sesuatu itu menjadi banyak
bilangannya. Yaitu Ya-juj dan Ma-juj, dan orang-orang yang binasa dari
kalangan anak Adam serta anak-anak iblis. Mendengar penjelasan ini hati
para sahabat menjadi lega. Kemudian Rasulullah Saw. melanjutkan
sabdanya: Beramallah dan bergembiralah kalian. Demi Tuhan yang jiwa
Muhammad berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, tiadalah kalian ini
dibandingkan dengan seluruh manusia, melainkan seperti tahi lalat yang
ada di lambung unta, atau seperti belang yang ada di kaki ternak.
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Turmuzi dan Imam Nasai di
dalam kitab tafsirnya, bagian dari kitab sunnah masing-masing, melalui
Muhammad ibnu Basysyar, dari Yahya ibnul Qattan, dari Hisyam
Ad-Dustuwa-i, dari Qatadah dengan sanad yang sama dan lafaz yang
semisal. Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih.
Jalur lain hadis ini diketengahkan oleh Imam Turmuzi. Ia mengatakan:
حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ،
حَدَّثَنَا ابْنُ جُدعان، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ عِمْرَانِ بْنِ حُصَيْن؛
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَمَّا
نَزَلَتْ: {يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ إِنَّ زَلْزَلَةَ
السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيمٌ} إِلَى قَوْلِهِ: {وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ
شَدِيدٌ} ، قَالَ: أُنْزِلَتْ عَلَيْهِ هَذِهِ، وَهُوَ فِي سَفَرٍ،
فَقَالَ: "أَتَدْرُونَ أَيَّ يَوْمٍ ذَلِكَ؟ " فَقَالُوا: اللَّهُ
وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ: "ذَلِكَ يَوْمٌ يَقُولُ اللَّهُ لِآدَمَ:
ابْعَثْ بَعْثَ النَّارِ. قَالَ: يَا رَبِّ، وَمَا بَعْثُ النَّارِ؟ قَالَ:
تِسْعُمِائَةٌ وَتِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ إِلَى النَّارِ، وَوَاحِدٌ إِلَى
الْجَنَّةِ" فَأَنْشَأَ الْمُسْلِمُونَ يَبْكُونَ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "قَارِبُوا وسَدِّدوا، فَإِنَّهَا
لَمْ تَكُنْ نُبُوَّةٌ قَطُّ إِلَّا كَانَ بَيْنَ يَدَيْهَا جَاهِلِيَّةٌ"
قَالَ: "فَيُؤْخَذُ الْعَدَدُ مِنَ الْجَاهِلِيَّةِ، فَإِنْ تَمَّتْ
وَإِلَّا كُمّلت مِنَ الْمُنَافِقِينَ، وَمَا مَثَلُكُمْ وَالْأُمَمُ
إِلَّا كَمَثَلِ الرَّقمة فِي ذِرَاعِ الدَّابَّةِ، أَوْ كَالشَّامَةِ فِي
جَنْبِ الْبَعِيرِ" ثُمَّ قَالَ: "إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ تَكُونُوا رُبْعَ
أهل الجنة" فَكَبَّرُوا ثُمَّ قَالَ: "إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ تَكُونُوا
ثُلُثَ أَهْلِ الْجَنَّةِ" فَكَبَّرُوا، ثُمَّ قَالَ: "إِنِّي لَأَرْجُو
أَنْ تَكُونُوا نِصْفَ أَهْلِ الْجَنَّةِ" فَكَبَّرُوا، قَالَ: وَلَا
أَدْرِي أَقَالَ الثُّلُثَيْنِ أَمْ لَا؟
telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Umar, telah menceritakan kepada
kami Sufyan ibnu Uyaynah, telah menceritakan kepada kami Ibnu Jad'an,
dari Al-Hasan, dari Imran ibnu Husain, bahwa Nabi Saw. pernah bersabda
ketika diturunkan firman-Nya: Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu.
(Al-Hajj: 1) sampai dengan firman-Nya: tetapi azab Allah itu sangat
keras. (Al-Hajj: 2) saat itu beliau Saw. sedang dalam perjalanan. Beliau
Saw. bersabda, "Tahukah kalian hari apakah yang dimaksud dalam ayat
ini?" Mereka menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui."
Rasulullah Saw. bersabda, "Hari itu adalah hari saat Allah berfirman
kepada Adam, 'Kirimkanlah orang-orang yang masuk neraka!' Adam bertanya,
'Wahai Tuhanku, berapa orangkah yang harus dikirim ke neraka?' Allah
berfirman, 'Dari seribu orang yang sembilan ratus sembilan puluh
sembilan dikirim ke neraka, sedangkan yang seorang dikirim ke surga."
Maka kaum muslim menangis, lalu Rasulullah Saw. bersabda,"Dekatkanlah
diri kalian (kepada Allah) dan teruslah beramal baik karena sesungguhnya
tiada suatu kenabian pun melainkan di hadapannya terdapat masa
Jahiliah." Nabi Saw. bersabda, "Maka diambillah sejumlah orang dari kaum
Jahiliah jika memang ada. Jika tidak ada, bilangannya dilengkapi dengan
kaum munafik. Tiadalah kalian ini bila dibandingkan dengan umat-umat
lainnya, melainkan seperti belang yang ada di kaki hewan atau tahi lalat
yang ada di lambung unta." Kemudian Nabi Saw. bersabda, "Sesungguhnya
aku berharap semoga kalian adalah seperempat penduduk surga." Maka
mereka bertakbir. Rasulullah Saw. bersabda,"Sesungguhnya aku berharap
semoga kalian sepertiga penduduk surga." Mereka bertakbir lagi. Kemudian
Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya aku berharap semoga kalian
adalah separo penduduk surga." Maka mereka bertakbir lagi. Dan Imran
ibnu Husain berkata, "Saya tidak mengetahui apakah beliau Saw.
mengucapkan dua pertiga atau tidak."
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dari Sufyan ibnu
Uyaynah dengan sanad yang sama; kemudian Imam Turmuzi mengatakan pula
bahwa hadis ini sahih. Dia telah meriwayatkan hadis ini dari Urwah, dari
Al-Hasan, dari Imran ibnul Husain. Ibnu Abu Hatim meriwayatkannya
melalui hadis Sa'id ibnu Abu Arubah dari Qatadah dari Al-Hasan dan
Al-AIa ibnu Ziyad Al-Adawi, dari Imran ibnul Husain, lalu disebutkan
hadis yang semisal.
Ibnu Jarir telah meriwayatkan hal yang sama dari Bandar, dari Gundar,
dari Auf, dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa telah sampai suatu berita
kepadanya bahwa ketika Rasulullah Saw. kembali dari perang Al-Usrah
bersama-sama para sahabatnya dan hampir tiba di Madinah, maka beliau
Saw. membaca firman-Nya: Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu;
sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang
sangat besar (dahsyat). (Al-Hajj: 1) lalu disebutkan hadis yang teksnya
sama dengan hadis Ibnu Jad'an.
Hadis kedua, diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim. Disebutkan bahwa: telah
menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Ibnut
Tabba', telah menceritakan kepada kami Abu Sufyan Al-Ma'mari, dari
Ma'mar, dari Qatadah, dari Anas yang mengatakan bahwa ketika ayat ini
diturunkan, yaitu firman-Nya: sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu
adalah suatu kejadian yang sangat besar. (Al-Hajj: 1) kemudian
disebutkan hadis yang teksnya sama dengan hadis Al-Hasan dari Imran
ibnul Husain, hanya di dalam riwayat ini disebutkan bahwa Rasulullah
Saw. bersabda,
"وَمَنْ هَلَكَ مِنْ كَفَرَةِ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ".
"Dan juga orang-orang yang telah binasa dari kalangan kebanyakan jin dan manusia."
Ibnu Jarir meriwayatkan hadis ini dengan panjang lebar melalui riwayat Ma'mar.
Hadis ketiga, diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim. Ia mengatakan: telah
menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Sa'id
ibnu Sulaiman, telah menceritakan kepada kami Abbad ibnul Awwam, telah
menceritakan kepada kami Hilal ibnu Habbab, dari Ikrimah, dari Ibnu
Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. membaca ayat ini. Teks hadis
selanjutnya sama dengan hadis di atas, hanya dalam riwayat ini
disebutkan,
"إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ تَكُونُوا رُبُعَ أَهْلِ الْجَنَّةِ"، ثُمَّ قَالَ:
"إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ تَكُونُوا ثُلُثَ أَهْلِ الْجَنَّةِ" ثُمَّ قَالَ:
"إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ تَكُونُوا شَطْرَ أَهْلِ الْجَنَّةِ" فَفَرِحُوا،
وَزَادَ أَيْضًا: "وَإِنَّمَا أَنْتُمْ جُزْءٌ مِنْ أَلْفِ جُزْءٍ"
"Sesungguhnya aku berharap semoga kalian adalah seperempat penghuni
surga." Disebutkan lagi, "Sesungguhnya aku berharap semoga kalian
sepertiga penduduk surga." Disebutkan lagi, "Aku berharap semoga kalian
separo ahli surga," maka mereka (para sahabat) senang mendengarnya. Di
dalam riwayat ini disebutkan pula, "Sesungguhnya kalian hanyalah
sebagian dari seribu (yakni seperseribu jumlah umat lain)".
Hadis keempat, diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam tafsir ayat ini, bahwa:
حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ،
حَدَّثَنَا أَبُو صَالِحٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى
يَوْمَ الْقِيَامَةِ: يَا آدَمُ، فَيَقُولُ: لَبَّيْكَ رَبَّنَا
وَسَعْدَيْكَ. فَيُنَادَى بِصَوْتٍ: إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكَ أَنْ
تُخْرِجَ مِنْ ذُرِّيَّتِكَ بَعْثًا إِلَى النَّارِ. قَالَ: يَا رَبِّ،
وَمَا بَعْثُ النَّارِ؟ قَالَ: مِنْ كُلِّ أَلْفٍ -أَرَاهُ
قَالَ-تِسْعَمِائَةٍ وَتِسْعَةً وَتِسْعِينَ. فَحِينَئِذٍ تَضَعُ
الْحَامِلُ حَمْلَهَا، وَيَشِيبُ الْوَلِيدُ، {وَتَرَى النَّاسَ سُكَارَى
وَمَا هُمْ بِسُكَارَى وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ} فَشَقَّ ذَلِكَ
عَلَى النَّاسِ حَتَّى تَغَيَّرَتْ وُجُوهُهُمْ، قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم: "من يأجوج ومأجوج تسعمائة وتسعة وتسعين، وَمِنْكُمْ
وَاحِدٌ، ثُمَّ أَنْتُمْ فِي النَّاسِ كَالشَّعْرَةِ السَّوْدَاءِ فِي
جَنْبِ الثَّوْرِ الْأَبْيَضِ، أَوْ كَالشَّعْرَةِ الْبَيْضَاءِ فِي جَنْبِ
الثَّوْرِ الْأَسْوَدِ، وَإِنِّي لَأَرْجُو أَنْ تَكُونُوا رُبُعَ أَهْلِ
الْجَنَّةِ". فَكَبَّرْنَا، ثُمَّ قَالَ: "ثُلُثُ أَهْلِ الْجَنَّةِ".
فَكَبَّرْنَا، ثُمَّ قَالَ: "شَطْرُ أَهْلِ الْجَنَّةِ" فَكَبَّرْنَا
telah menceritakan kepada kami Umar ibnu Hafs, telah menceritakan kepada
kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Al A'masy, telah
menceritakan kepada kami Abu Saleh, dari Abu Sa’id yang mengatakan bahwa
Rasulullah Saw. pernah bersabda, bahwa kelak di hari kiamat Allah
berfirman, "Hai Adam!" Adam menjawab, "Labbaika, ya Tuhan kami. Saya
penuhi panggilan-Mu dengan penuh kebahagiaan." Kemudian terdengarlah
suara yang berseru, "Sesungguhnya Allah memerintahkan kepadamu agar
mengeluarkan sebagian dari keturunanmu untuk dikirimkan ke neraka." Adam
bertanya, "Wahai Tuhanku, berapakah jumlah yang akan dikirim ke
neraka?" Dijawab, "Dari setiap seribu orang, sembilan ratus sembilan
puluh sembilan orang." Dalam keadaan seperti itu wanita-wanita yang
hamil melahirkan anaknya dan anak-anak beruban. dan kamu lihat manusia
dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab
Allah itu sangat keras. (Al-Hajj: 2) Maka berita itu terasa berat oleh
para sahabat, sehingga wajah mereka berubah menjadi pucat karenanya.
Maka Nabi Saw. bersabda: "Sembilan ratus sembilan puluh sembilan dari
kalangan Ya-juj dan Ma-juj, sedangkan dari kalian satu orang. Kalian di
kalangan manusia sama halnya dengan sehelai bulu hitam yang terdapat
pada tubuh banteng yang berbulu putih, atau seperti sehelai bulu putih
yang ada di lambung banteng yang berbulu hitam. Sesungguhnya aku
berharap semoga kalian adalah seperempat ahli surga, " maka kami
bertakbir. Kemudian Rasulullah Saw. bersabda, "Sepertiga ahli surga, "
maka kami bertakbir. Lalu Rasulullah Saw. bersabda, "Separo ahli surga, "
dan kami bertakbir lagi.
Imam Bukhari telah meriwayatkan pula di lain kitab tafsir, dan Imam
Muslim, serta Imam Nasai di dalam kitab tafsirnya melalui berbagai jalur
dari Al-A'masy dengan sanad yang sama.
Hadis kelima, diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Disebutkan bahwa:
حَدَّثَنَا عَمَّارُ بْنُ مُحَمَّدٍ -ابْنُ أُخْتِ سُفْيَانَ
الثَّوْرِيِّ-وَعُبَيْدَةَ الْمَعْنَى، كِلَاهُمَا عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ
مُسْلِمٍ، عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إن اللَّهَ يَبْعَثُ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ مُنَادِيًا [يُنَادِي]: يَا آدَمُ، إِنْ اللَّهَ
يَأْمُرُكَ أَنْ تَبْعَثَ بَعْثًا مِنْ ذُرِّيَّتِكَ إِلَى النَّارِ،
فَيَقُولُ آدَمُ: يَا رَبِّ، مَنْ هُمْ؟ فَيُقَالُ لَهُ: مِنْ كُلِّ
مِائَةٍ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ". فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ: مَنْ هَذَا
النَّاجِي مِنَّا بَعْدَ هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: "هَلْ
تَدْرُونَ مَا أَنْتُمْ فِي النَّاسِ إِلَّا كَالشَّامَةِ فِي صَدْرِ
الْبَعِيرِ"
telah menceritakan kepada kami Imarah ibnu Muhammad (anak lelaki dari
saudara perempuan Sufyan As-Sauri), juga dari Ubaidah Al-Ammi; keduanya
dari Ibrahim ibnu Muslim, dari Abul Ahwas, dari Abdullah yang mengatakan
bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Sesungguhnya Allah Swt. kelak di
hari kiamat memerintahkan kepada juru penyeru untuk menyerukan, "Hai
Adam, sesungguhnya Allah memerintahkan kepadamu agar mengirimkan
sejumlah orang dari keturunanmu ke neraka.” Maka Adam bertanya, "Wahai
Tuhanku, siapa sajakah mereka?'' Dikatakan kepadanya, “Dari seratus
orang, sembilan puluh sembilan orang.” Kemudian seseorang lelaki dari
kaum (yang hadir) bertanya, "Siapakah orang yang selamat di antara kita
sesudah itu, wahai Rasulullah?” Rasulullah Saw. bersabda, "Tahukah
kalian, tiadalah kalian ini di kalangan umat manusia melainkan seperti
tahi lalat yang ada di lambung unta.”
Ditinjau dari sanad dan teks hadisnya, Imam Ahmad meriwayatkannya secara munfarid (tunggal).
Hadis keenam, diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Dinyatakan bahwa:
حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنْ حَاتِمِ بْنِ أَبِي صَغِيرَةَ، حَدَّثَنَا ابْنُ
أَبِي مُلَيْكَةَ؛ أَنَّ الْقَاسِمَ بْنَ مُحَمَّدٍ أَخْبَرَهُ، عَنْ
عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
"إِنَّكُمْ تُحْشَرُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حُفاة عُرَاةً غُرْلًا".
قَالَتْ عَائِشَةُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ يَنْظُرُ
بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ؟ قَالَ: "يَا عَائِشَةُ، إِنَّ الْأَمْرَ أَشَدُّ
مِنْ أَنْ يُهِمَّهُمْ ذَاكَ".
telah menceritakan kepada kami Yahya, dari Hatim ibnu Abu Safirah, telah
menceritakan kepada kami Ibnu Abu Mulaikah; Al-Qasim ibnu Muhammad
pernah menceritakan kepadanya bahwa Siti Aisyah pernah menceritakan
hadis berikut dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Sesungguhnya kalian
akan dihimpunkan kepada Allah pada hari kiamat dalam keadaan tak beralas
kaki, telanjang, lagi tidak berkhitan. Siti Aisyah bertanya, "Wahai
Rasulullah, kaum laki-laki dan kaum wanita sebagian dari mereka melihat
sebagian lainnya.” Rasulullah Saw. menjawab, "Hai Aisyah, sesungguhnya
peristiwanya jauh lebih dahsyat daripada memalingkan mereka ke arah
itu."
Imam Bukhari dan Imam Muslim telah mengetengahkan hadis ini di dalam kitab sahihnya masing-masing.
Hadis ketujuh.
قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنَا
ابْنُ لَهِيعة، عَنْ خَالِدِ بْنِ أَبِي عِمْران، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ
مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَلْ
يَذْكُرُ الْحَبِيبُ حَبِيبَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ؟ قَالَ: "يَا
عَائِشَةُ، أَمَّا عِنْدَ ثَلَاثٍ فَلَا أَمَّا عِنْدَ الْمِيزَانِ حَتَّى
يِثْقُلَ أَوْ يَخِفَّ، فَلَا. وَأَمَّا عِنْدَ تَطَايُرِ الْكُتُبِ
فَإِمَّا يُعْطَى بِيَمِينِهِ أَوْ يُعْطَى بِشَمَالِهِ، فَلَا. وَحِينَ
يَخْرُجُ عُنُق مِنَ النَّارِ فَيَنْطَوِي عَلَيْهِمْ، وَيَتَغَيَّظُ
عَلَيْهِمْ، وَيَقُولُ ذَلِكَ الْعُنُقُ: وُكِّلْتُ بِثَلَاثَةٍ، وُكِّلْتُ
بِثَلَاثَةٍ، وُكِّلْتُ بِثَلَاثَةٍ: وُكِّلْتُ بِمَنِ ادَّعَى مَعَ
اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ، وَوُكِّلْتُ بِمَنْ لَا يُؤْمِنُ بِيَوْمِ
الْحِسَابِ، وَوُكِّلْتُ بِكُلِّ جَبَّارٍ عَنِيدٍ" قَالَ: "فَيَنْطَوِي
عَلَيْهِمْ، وَيَرْمِيهِمْ فِي غَمَرَاتٍ، وَلِجَهَنَّمَ جِسْرٌ أَدَقُّ
مِنَ الشِّعْرِ وَأَحَدُّ مِنَ السَّيْفِ، عَلَيْهِ كَلَالِيبُ وَحَسَكٌ
يأخُذْنَ مَنْ شَاءَ اللَّهُ، وَالنَّاسُ عَلَيْهِ كَالطَّرْفِ
وَكَالْبَرْقِ وَكَالرِّيحِ، وَكَأَجَاوِيدِ الْخَيْلِ وَالرِّكَابِ،
وَالْمَلَائِكَةُ يَقُولُونَ: رَبِّ، سَلِّم، سَلِّم. فَنَاجٍ مُسَلَّمٌ،
وَمَخْدُوشٌ مُسَلَّمٌ، ومكَوّر فِي النَّارِ عَلَى وَجْهِهِ"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Ishaq,
telah menceritakan kepada kami Ibnu Luhai'ah, dari Khalid ibnu Abu
Imran, dari Al-Qasim ibnu Muhammad, dari Aisyah r.a. yang menceritakan
bahwa ia pernah bertanya kepada Rasulullah Saw., "Wahai Rasulullah,
apakah seorang kekasih teringat kepada orang yang dikasihinya kelak di
hari kiamat?" Rasulullah Saw. menjawab, "Adapun pada tiga tempat, maka
tidak mungkin; juga di saat neraca amal perbuatan telah dipasang untuk
menimbang amal perbuatan apakah berat atau ringan, tidak mungkin akan
teringat. Begitu pula di saat kitab-kitab catatan amal perbuatan
beterbangan, adakalanya seseorang diberi kitabnya dari arah kanannya
atau arah kirinya, tidak mungkin akan teringat. Saat itu keluarlah leher
api neraka, lalu mengelilingi mereka dan mengeluarkan suara gemuruhnya
kepada mereka. Leher api neraka itu berkata, 'Saya diperintahkan untuk
membakar tiga macam orang, saya diperintahkan untuk menyiksa tiga macam
orang. Saya diperintahkan untuk menyiksa orang yang mengakui ada tuhan
lain di samping Allah, saya diperintahkan untuk menyiksa orang yang
tidak beriman kepada hari perhitungan amal perbuatan, dan saya
diperintahkan untuk menyiksa semua orang yang angkara murka lagi
pengingkar kebenaran.' Kemudian mereka dibelit dan dicampakkan ke dalam
neraka Jahanam yang bergolak. Jahanam memiliki jembatan yang lebih tipis
daripada sehelai rambut dan lebih tajam daripada pedang. Di kedua
sisinya terdapat pengait-pengait dan duri-duri yang keduanya mengambil
orang-orang yang dikehendaki oleh Allah (masuk neraka). Manusia dalam
melewati jembatan itu ada yang cepatnya bagaikan kilat, ada yang
cepatnya bagaikan sekedipan mata, ada yang cepatnya bagaikan angin, ada
yang cepatnya bagaikan kuda balap dan unta yang kencang larinya. Para
malaikat saat itu berkata, 'Ya Tuhanku, selamatkanlah, selamatkanlah.'
Maka sebagian orang ada yang selamat dalam keadaan utuh; ada yang
selamat, tetapi dalam keadaan tergores dan luka-luka; dan ada yang
sebagian lain dijungkalkan ke dalam neraka dengan kepala di bawah."
Hadis-hadis yang menceritakan kengerian pada hari kiamat dan asar-asar
mengenainya sangat banyak, tetapi dibahas di tempat lain dari kitab ini.
Karena itulah Allah Swt. berfirman dalam surat ini:
{إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيمٌ}
sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Al-Hajj: 1)
Yakni suatu kejadian yang besar, petaka yang dahsyat, bencana yang
mengerikan, peristiwa yang besar huru-haranya, dan sangat aneh. Yang
dimaksud dengan az-zalzal ialah kengerian dan rasa terkejut yang menimpa
jiwa manusia, sebagaimana yang disebut oleh Allah Swt. dalam
firman-Nya:
{هُنَالِكَ ابْتُلِيَ الْمُؤْمِنُونَ وَزُلْزِلُوا زِلْزَالا شَدِيدًا}
Di situlah diuji orang-orang-mukmin dan diguncangkan (hatinya) dengan guncangan yang sangat. (Al-Ahzab: 11)
Adapun firman Allah Swt.:
{يَوْمَ تَرَوْنَهَا}
(Yaitu) pada hari (ketika) kamu melihat. (Al-Hajj: 2)
Ungkapan ini mengandung pengertian yang sama dengan keterangan keadaan. Karena itu, dijelaskan dalam firman berikutnya:
{تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّا أَرْضَعَتْ}
lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya. (Al-Hajj: 2)
Yaitu kengerian yang dialaminya membuatnya lupa kepada orang yang paling
disayanginya, padahal dia adalah orang yang paling sayang kepada
anaknya; saat itu ia lupa kepada anak yang disusuinya, padahal si anak
sangat membutuhkan persusuannya. Karena itu, disebutkan oleh firman-Nya,
"Kullu murdi'atin (semua wanita yang menyusui anaknya)" tidak
disebutkan, "Kullu murdi'in (semua wanita yang menyusui).
Firman Allah Swt.:
{عَمَّا أَرْضَعَتْ}
dari anak yang disusuinya. (Al-Hajj: 2)
Maksudnya, dari anak yang disusuinya sebelum mencapai usia penyapihannya.
Firman Allah Swt.:
{وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا}
dan gugurlah kandungan semua wanita yang hamil. (Al-Hajj: 2)
Yakni sebelum masa kandungannya sempurna karena kerasnya kengerian di hari itu.
{وَتَرَى النَّاسَ سُكَارَى}
dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk.(Al-Hajj: 2)
Menurut qiraat lain dibaca sakra. Yakni disebabkan dahsyatnya peristiwa
yang terjadi dan mereka alami pada hari itu hilanglah kesadaran akal
mereka, begitu pula ingatan mereka. Barang siapa yang melihat mereka,
pasti menduga mereka mabuk.
{وَمَا هُمْ بِسُكَارَى وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ}
padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras. (Al-Hajj: 2)
Firman Alloh SWT;
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِنَ الْبَعْثِ فَإِنَّا
خَلَقْنَاكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ
مِنْ مُضْغَةٍ مُخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِنُبَيِّنَ لَكُمْ
وَنُقِرُّ فِي الأرْحَامِ مَا نَشَاءُ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى ثُمَّ
نُخْرِجُكُمْ طِفْلا ثُمَّ لِتَبْلُغُوا أَشُدَّكُمْ وَمِنْكُمْ مَنْ
يُتَوَفَّى وَمِنْكُمْ مَنْ يُرَدُّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلا
يَعْلَمَ مِنْ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْئًا وَتَرَى الأرْضَ هَامِدَةً فَإِذَا
أَنزلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنْبَتَتْ مِنْ كُلِّ
زَوْجٍ بَهِيجٍ (5) ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّهُ
يُحْيِي الْمَوْتَى وَأَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (6) وَأَنَّ
السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي
الْقُبُورِ (7)
Hai manusia, jika kalian dalam keraguan tentang kebangkitan (dari
kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kalian
dari tanah; kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah,
kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak
sempurna, agar Kami jelaskan kepada kalian dan Kami tetapkan dalam
rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang telah ditentukan,
kemudian Kami keluarkan kalian sebagai bayi, kemudian (dengan
berangsur-angsur) kalian sampailah kepada kedewasaan, dan di antara
kalian ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kalian yang
dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi
sesuatu pun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kalian lihat bumi ini
kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah
bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan
yang indah. Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah, Dialah yang haq
dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan
sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya hari
kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya dan bahwasanya
Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur. (QS Al-Hajj Ayat 5-7)
Setelah menyebutkan perihal orang yang ingkar kepada hari berbangkit dan
tidak percaya kepada adanya hari kemudian, Allah Swt. menyebutkan
hal-hal yang menunjukkan kekuasaan-Nya dalam menghidupkan segala sesuatu
yang telah mati melalui bukti yang nyata pada permulaan kejadian
manusia. Untuk itu Allah Swt. berfirman:
{يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِنَ الْبَعْثِ}
Hai manusia, jika kalian dalam keraguan tentang kebangkitan. (Al-Hajj: 5)
Yaitu hari kemudian di mana semua roh dan jasad menjadi satu dan bangkit hidup kembali kelak di hari kiamat.
{فَإِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ تُرَابٍ}
maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kalian dari tanah. (Al-Hajj: 5)
Artinya, asal mula kejadian kalian adalah dari tanah; yaitu asal mula penciptaan Adam a.s., nenek moyang mereka.
{ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ}
kemudian dari setetes mani. (Al-Hajj: 5)
kemudian keturunannya diciptakan dari air mani yang hina.
{ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُضْغَةٍ}
kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging. (Al-Hajj: 5)
Demikian itu apabila nutfah telah berdiam di dalam rahim wanita selama
empat puluh hari. Selama itu ia mengalami pertumbuhan, kemudian
bentuknya berubah menjadi darah kental dengan seizin Allah. Setelah
berlalu masa empat puluh hari lagi, maka berubah pula bentuknya menjadi
segumpal daging yang masih belum berbentuk dan belum ada rupanya.
Kemudian dimulailah pembentukannya, yang dimulai dari kepala, kedua
tangan, dada, perut, kedua paha, kedua kaki, dan anggota lainnya.
Adakalanya seorang wanita mengalami keguguran sebelum janinnya mengalami
pembentukan, dan adakalanya keguguran terjadi sesudah janin terbentuk
berupa manusia.
Allah Swt. berfirman:
{ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُضْغَةٍ مُخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ}
kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna. (Al-Hajj: 5)
seperti yang dapat kalian saksikan sendiri.
{لِنُبَيِّنَ لَكُمْ وَنُقِرُّ فِي الأرْحَامِ مَا نَشَاءُ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى}
agar Kami jelaskan kepada kalian, dan Kami tetapkan dalam rahim apa yang
Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan. (Al-Hajj: 5)
Yakni adakalanya janin menetap di dalam rahim tidak keguguran dan tumbuh terus menjadi bentuk yang sempurna.
Seperti yang dikatakan oleh Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya:
yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna. (Al-Hajj: 5) Yaitu
janin yang telah berbentuk dan janin yang masih belum terbentuk. Apabila
telah berlalu masa empat puluh hari dalam keadaan berupa segumpal
daging, maka Allah mengutus seorang malaikat kepadanya. Malaikat itu
diperintahkan-Nya untuk meniupkan roh ke dalam tubuh janin, lalu
menyempurnakan bentuknya menurut apa yang dikehendaki oleh Allah Swt.,
apakah tampan atau buruk, dan apakah laki-laki atau perempuan. Selain
itu malaikat tersebut ditugaskan pula untuk menulis rezeki dan ajalnya,
apakah celaka atau berbahagia.
Hal ini telah disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui hadis
Al-A'masy, dari Zaid ibnu Wahb, dari Ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa
Rasulullah Saw. pernah bersabda kepada kami:
"إِنَّ خَلْقَ أَحَدِكُمْ يُجمع فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً،
ثُمَّ يَكُونُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُونُ مُضغة مِثْلَ ذَلِكَ،
ثُمَّ يَبْعَثُ اللَّهُ إِلَيْهِ الْمَلَكَ فَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ
كَلَمَّاتٍ: بِكَتْبِ عَمَلِهِ وَأَجَلِهِ وَرِزْقِهِ، وَشَقِّيٌ أَوْ
سَعِيدٌ، ثُمَّ يُنْفَخُ فِيهِ الرُّوحُ"
Sesungguhnya kejadian seseorang di antara kalian dihimpunkan di dalam
perut ibunya selama empat puluh malam, kemudian menjadi 'alaqah selama
empat puluh malam, kemudian menjadi segumpal daging dalam masa empat
puluh malam. Setelah itu Allah mengutus malaikat kepadanya; malaikat
diperintahkan-Nya untuk mencatat empat perkara, yaitu mencatat
rezekinya, amal perbuatannya, dan ajalnya (usianya), lalu nasibnya
apakah celaka atau bahagia. Kemudian meniupkan roh ke dalam tubuhnya.
Ibnu Abu Hatim dan Ibnu Jarir telah meriwayatkan melalui hadis Daud ibnu
Abu Hindun, dari Asy-Sya'bi, dari Alqamah, dari Abdullah yang
mengatakan bahwa apabila nutfah telah menetap di dalam rahim, maka
datanglah malaikat mencegahnya, lalu berkata, "Wahai Tuhanku, apakah
dijadikan ataukah tidak?" Jika dikatakan tidak dijadikan, maka tidaklah
dibentuk kejadiannya, lalu dikeluarkan dari rahim dalam rupa darah
kental. Tetapi jika dikatakan dijadikan, maka malaikat bertanya, "Wahai
Tuhanku, apakah dia laki-laki atau perempuan, apakah dia celaka ataukah
bahagia, bagaimanakah ajalnya dan jejak kehidupannya, serta di negeri
manakah ia mati?" Kemudian dikatakan kepada nutfah itu, "Siapakah
Tuhanmu?" Nutfah menjawab, "Allah." Dikatakan pula, "Siapakah yang
memberimu rezeki?" Nutfahmenjawab, "Allah." Lalu Allah berfirman kepada
malaikat, "Pergilah kamu ke kitab itu, karena sesungguhnya kamu akan
menjumpai di dalamnya kisah nutfah ini." Maka nutfah itu dijadikan dan
menjalani masa hidupnya sampai ajalnya, ia memakan rezekinya dan
melakukan perjalanan hidupnya. Bilamana telah tiba ajalnya, maka matilah
ia dan dikebumikan. Kemudian Amir Asy-Sya'bi membaca firman-Nya: Hai
manusia, jika kalian dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur),
maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kalian dari tanah,
kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari
segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna.
(Al-Hajj: 5) Apabila tahap kejadiannya sampai pada segumpal darah, maka
kejadiannya dikembalikan pada tahap keempat, lalu terbentuklah manusia.
Tetapi jika ditakdirkan tidakjadi, maka dikeluarkan lagi oleh rahim
dalam rupa darah. Dan apabila dijadikan, maka dikembalikan (ke dalam
rahim) menjadi manusia.
قَالَ ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
يَزِيدَ الْمُقْرِئُ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ،
عَنِ أَبِي الطُّفَيْلِ، عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أُسَيْدٍ -يَبْلُغُ بِهِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-قَالَ: "يَدْخُلُ الْمَلَكُ
عَلَى النُّطْفَةِ بَعْدَ مَا تَسْتَقِرُّ فِي الرَّحِمِ بِأَرْبَعِينَ
أَوْ خَمْسٍ وَأَرْبَعِينَ، فَيَقُولُ: أَيْ رَبِّ، أَشَقِيٌّ أَمْ
سَعِيدٌ؟ فَيَقُولُ اللَّهُ، وَيَكْتُبَانِ، فَيَقُولُ: أَذَكَرٌ أَمْ
أَنْثَى؟ فَيَقُولُ اللَّهُ وَيَكْتُبَانِ، وَيُكْتَبُ عَمَلُهُ وَأَثَرُهُ
وَرِزْقُهُ وَأَجَلُهُ، ثُمَّ تُطْوَى الصُّحُفُ، فَلَا يُزَادُ عَلَى مَا
فِيهَا وَلَا يُنْتَقَصُ
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu
Abdullah ibnu Yazid Al-Muqri, telah menceritakan kepada kami Sufyan,
dari Amr ibnu Dinar, dari Abut Tufail, dari Huzaifah ibnu Usaid yang
menyampaikan sanadnya sampai kepada Nabi Saw. Disebutkan bahwa Nabi Saw.
pernah bersabda: Malaikat masuk ke dalam nutfah sesudah nutfah berada
di dalam rahim selama empat puluh atau empat puluh lima hari. Lalu
malaikat bertanya, "Wahai Tuhanku, apakah dia celaka atau bahagia?”
Allah Swt. berfirman, dan malaikat itu mencatat. Lalu malaikat bertanya,
"Apakah laki-laki ataukah perempuan?” Allah berfirman, dan malaikat
mencatatnya. Malaikat mencatat amalnya, perjalanan hidupnya, rezekinya,
dan ajalnya. Kemudian lembaran kitab itu ditutup, maka apa yang ada di
dalamnya tidak dapat lagi ditambahi atau dikurangi.
Imam Muslim meriwayatkan melalui hadis Sufyan ibnu Uyaynah dan melalui jalur lain dari Abut Tufail dengan lafaz yang semakna.
Firman Allah Swt.:
{ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلا}
kemudian Kami keluarkan kalian sebagai bayi. (Al-Hajj: 5)
Yakni dalam keadaan lemah tubuh, pendengaran, penglihatan, inderanya,
kekuatan geraknya, serta akalnya. Kemudian Allah memberinya kekuatan
sedikit demi sedikit, dan kedua orang tuanya merawatnya dengan penuh
kasih sayang sepanjang hari dan malamnya. Karena itu, disebutkan oleh
firman selanjutnya:
{ثُمَّ لِتَبْلُغُوا أَشُدَّكُمْ}
kemudian (dengan berangsur-angsur) kalian sampailah kepada kedewasaan. (Al-Hajj: 5)
Yaitu memiliki kekuatan yang makin bertambah sampai pada usia muda dan penampilan yang terbaiknya.
{وَمِنْكُمْ مَنْ يُتَوَفَّى}
dan di antara kalian ada yang diwafatkan. (Al-Hajj: 5)
dalam usia mudanya dan sedang dalam puncak kekuatannya.
{وَمِنْكُمْ مَنْ يُرَدُّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ}
dan (ada pula) di antara kalian yang dipanjangkan umurnya sampai pikun. (Al-Hajj: 5)
Usia yang paling hina ialah usia pikun. Dalam usia tersebut seseorang
lemah tubuhya, tidak berkekuatan, akal serta pemahamannya pun lemah
pula; semua panca inderanya tidak normal lagi dan daya pikirnya pun
lemah. Karena itu, disebutkan dalam firman selanjutnya:
{لِكَيْلا يَعْلَمَ مِنْ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْئًا}
supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang dahulunya diketahuinya. (Al-Hajj: 5)
Semakna dengan apa yang disebutkan oleh Allah Swt. dalam firman-Nya:
{اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ ضَعْفٍ
قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا وَشَيْبَةً يَخْلُقُ مَا
يَشَاءُ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ}
Allah, Dialah yang menciptakan kalian dari keadaan lemah, kemudian Dia
menjadikan (kalian)sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia
menjadikan (kalian) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia
menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui
lagi Mahakuasa. (Ar-Rum: 54)
Al-Hafiz Abu Ya'la Ahmad ibnu Ali ibnul Musanna Al-Mausuli telah
mengatakan di dalam kitabMusnad-nya, telah menceritakan kepada kami
Mansur ibnu Abu Muzahim, telah menceritakan kepada kami Kahlid
Az-Zayyat, telah menceritakan kepadaku Daud Abu Sulaiman, dari Abdullah
ibnu Abdur Rahman ibnu Ma'mar ibnu Hazm Al-Ansari, dari Anas ibnu Malik
yang me-rafa'-kan hadis ini. Ia mengatakan bahwa bayi yang baru lahir
hingga mencapai usia balig segala yang dikerjakannya berupa amal
kebaikan tidak dicatatkan bagi orang tuanya atau kedua orang tuanya. Dan
semua yang dikerjakannya berupa amal keburukan tidak dicatatkan bagi
dirinya, tidak pula bagi kedua orang tuanya. Apabila ia telah mencapai
usia balignya, maka Allah memberlakukan qalamterhadapnya dan
memerintahkan kepada dua malaikat yang ada bersamanya untuk mencatat
segala amal perbuatannya dengan catatan yang ketat. Apabila ia mencapai
usia empat puluh tahun dalam Islam, Allah menyelamatkannya dari tiga
penyakit, yaitu gila, lepra, dan supak. Apabila mencapai usia lima puluh
tahun, Allah meringankan hisabnya; dan apabila mencapai usia enam puluh
tahun, Allah memberinya rezeki kembali (bertobat) kepada-Nya sesuai
dengan apa yang disukai-Nya. Apabila mencapai usia tujuh puluh tahun,
penduduk langit menyukainya. Dan apabila usianya mencapai delapan puluh
tahun, maka semua amal baiknya dicatat dan dihapuslah semua amal
buruknya. Apabila usianya mencapai sembilan puluh tahun, Allah
mengampuni semua dosanya yang terdahulu dan yang terkemudian; ia pun
dapat memberikan syafaat kepada ahli baitnya serta dicatat sebagai
Aminullah (orang kepercayaan Allah), dan dia menjadi tahanan Allah di
bumi-Nya. Apabila ia mencapai usia pikun sehingga ia tidak mengetahui
lagi segala sesuatu yang tadinya ia ketahui, maka Allah mencatatkan
baginya hal yang semisal dengan amal kebaikan yang pernah dilakukannya
semasa sehatnya; apabila melakukan suatu keburukan, maka tidak
dicatatkan dalam buku catatan amalnya.
Hadis ini garib sekali, di dalamnya terkandung kemungkaran yang parah.
Tetapi sekalipun demikian, Imam Ahmad ibnu Hambal meriwayatkannya pula
di dalam kitab musnadnya, baik secara mauquf ataupun marfu'.
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Nadr, telah
menceritakan kepada kami Al-Faraj, telah menceritakan kepada kami
Muhammad ibnu Amir, dari Muhammad ibnu Abdullah Al-Amili, dari Amr ibnu
Ja'far, dari Anas yang mengatakan, bahwa apabila seorang lelaki muslim
mencapai usia empat puluh tahun, Allah menyelamatkannya dari tiga macam
penyakit, yaitu gila, supak, dan lepra. Apabila mencapai usia lima puluh
tahun, Allah meringankan hisabnya. Apabila mencapai usia enam puluh
tahun, Allah memberinya rezeki bertobat kepada-Nya yang disukainya. Dan
apabila mencapai usia tujuh puluh tahun, penduduk langit menyukainya.
Apabila mencapai usia delapan puluh tahun, Allah menerima semua
kebaikannya dan menghapuskan semua keburukannya. Apabila mencapai usia
sembilan puluh tahun, Allah mengampuni semua dosanya yang terdahulu dan
yang terkemudian. Ia diberi julukan sebagai 'tahanan Allah di bumi-Nya'
dan dapat memberikan syafaat kepada keluarganya.
Imam Ahmad mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Hisyam, telah
menceritakan kepada kami Al-Faraj, telah menceritakan kepadaku Muhammad
ibnu Abdullah Al-Amiri, dari Muhammad ibnu Abdullah ibnu Amr ibnu
Usman, dari Abdullah ibnu Umar ibnul Khattab, dari Nabi Saw. Lalu
disebutkan hal yang semisal dengan hadis di atas.
وَرَوَاهُ الْإِمَامُ أَحْمَدُ أَيْضًا: حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ،
حَدَّثَنِي يُوسُفُ بْنُ أَبِي ذَرَّةَ الْأَنْصَارِيُّ، عَنْ جَعْفَرِ
بْنِ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةَ الضَّمْري، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ؛ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "مَا مِنْ
مُعَمَّرٍ يُعَمَّرُ فِي الْإِسْلَامِ أَرْبَعِينَ سَنَةً، إِلَّا صَرَفَ
اللَّهُ عَنْهُ ثَلَاثَةَ أَنْوَاعٍ مِنَ الْبَلَاءِ: الْجُنُونُ
وَالْجُذَامُ وَالْبَرَصُ
Imam Ahmad telah meriwayatkan pula, telah menceritakan kepada kami Anas
ibnu Iyad, telah menceritakan kepadaku Yusuf ibnu Abu Burdah Al-Ansari,
dari Ja'far ibnu Amr ibnu Umayyah Ad-Dimri, dari Anas ibnu Malik, bahwa
Rasulullah Saw. pernah bersabda: Tiada seorang pun yang berusia panjang
dalam Islamnya selama empat puluh tahun, melainkan Allah memalingkan
darinya tiga macam penyakit yaitu gila, supak, dan lepra.
Lalu disebutkan hingga akhir hadis yang teksnya sama dengan hadis sebelumnya.
Hadis ini diriwayatkan pula oleh Al-Hafiz Abu Bakar Al-Bazzar, dari
Abdullah ibnu Syabib, dari Abu Syaibah, dari Abdullah ibnu Abdul Malik,
dari Abu Qatadah Al-Adawi, dari anak saudara Az-Zuhri, dari pamannya
(Az-Zuhri), dari Anas ibnu Malik yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw.
pernah bersabda:
"مَا مِنْ عَبْدٍ يُعَمَّرُ فِي الْإِسْلَامِ أَرْبَعِينَ سَنَةً، إِلَّا
صَرَفَ اللَّهُ عَنْهُ أَنْوَاعًا مِنَ الْبَلَاءِ: الْجُنُونُ
وَالْجُذَامُ وَالْبَرَصُ، فَإِذَا بَلَغَ خَمْسِينَ سَنَةً لَيَّنَ
اللَّهُ لَهُ الْحِسَابَ، فَإِذَا بَلَغَ سِتِّينَ سَنَةً رَزَقَهُ اللَّهُ
الْإِنَابَةَ إِلَيْهِ بِمَا يُحِبُّ، فَإِذَا بَلَغَ سَبْعِينَ غَفَرَ
اللَّهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ، وسمي أَسِيرَ
اللَّهِ، وَأَحَبَّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ، فَإِذَا بَلَغَ الثَّمَانِينَ
تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنْهُ حَسَنَاتِهِ وَتَجَاوُزَ عَنْ سَيِّئَاتِهِ،
فَإِذَا بَلَغَ التِّسْعِينَ غَفَر لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا
تَأَخَّرَ، وسُمي أسير اللَّهِ فِي أَرْضِهِ، وَشُفِّعَ فِي أَهْلِ
بَيْتِهِ"
Tiada seorang hamba pun yang diberi usia panjang dalam Islam selama
empat puluh tahun, melainkan Allah memalingkan darinya berbagai macam
penyakit, yaitu gila, lepra, dan supak. Apabila ia mencapai usia lima
puluh tahun, Allah meringankan hisabnya. Apabila mencapai usia enam
puluh tahun, Allah memberinya rezeki bertobat kepada-Nya berkat kesukaan
yang ditanamkan Allah dalam dirinya. Apabila mencapai usia tujuh puluh
tahun, Allah memberikan ampunan baginya semua dosanya yang terdahulu dan
yang terkemudian; dan ia diberi nama 'tahanan Allah', semua penduduk
langit menyukainya. Apabila mencapai usia delapan puluh tahun, Allah
menerima amal-amal baiknya dan memaafkan amal-amal keburukannya. Dan
apabila mencapai usia sembilan puluh tahun, Allah memberikan ampunan
baginya atas semua dosanya yang terdahulu dan yang terkemudian, lalu ia
diberi nama sebagai 'tahanan Allah di bumi-Nya' dan dapat memberikan
syafaat kepada ahli baitnya.
Firman Allah Swt.:
{وَتَرَى الأرْضَ هَامِدَةً}
Dan kalian lihat bumi ini kering. (Al-Hajj: 5)
Hal ini pun merupakan dalil lain yang menunjukkan kekuasaan Allah Swt.
dalam menghidupkan orang-orang yang telah mati,- sebagaimana Dia
menghidupkan bumi yang kering tandus, tidak ada tanaman apa pun padanya.
Qatadah mengatakan bahwa hamidah artinya padang pasir lagi tandus (kering).
Sedangkan menurut As-Saddi, makna yang dimaksud ialah tanah yang mati.
{فَإِذَا أَنزلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنْبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ}
kemudian apabila Kami telah turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu
dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.
(Al-Hajj: 5)
Apabila Allah menurunkan hujan, maka bumi yang tadinya tandus itu
menjadi subur dan menumbuhkan tetumbuhannya dengan subur; lalu keluarlah
dari tumbuh-tumbuhan itu berbagai macam buah-buahan dan tanam-tanaman
yang beraneka ragam warna, rasa, bau, bentuk, dan manfaatnya. Karena
itulah firman selanjutnya disebutkan:
{وَأَنْبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ}
dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (Al-Hajj: 5)
Yaitu yang indah bentuknya dan harum baunya.
Firman Allah Swt.:
{ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ}
Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah, Dialah yang hak. (Al-Hajj: 6)
Allah Yang menciptakan, yang mengatur, lagi Maha Berbuat terhadap semua yang dikehendaki-Nya.
{وَأَنَّهُ يُحْيِي الْمَوْتَى}
dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati. (Al-Hajj: 6)
Yakni sebagaimana Dia menghidupkan bumi yang mati sehingga bumi dapat
menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Seperti yang disebutkan oleh
Allah Swt. dalam ayat yang lain, yaitu:
{إِنَّ الَّذِي أَحْيَاهَا لَمُحْيِي الْمَوْتَى إِنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ}
Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya tentu dapat menghidupkan yang
mati; sesungguhnya Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. (Fushshilat: 39)
{إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ}
Sesungguhnya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, "Jadilah!" Maka jadilah ia. (Yasin: 82)
Adapun firman Allah Swt.:
{وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا}
dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya. (Al-Hajj: 7)
Yakni kejadian hari kiamat itu pasti, tiada keraguan padanya.
{وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ}
dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur. (Al-Hajj: 7)
Maksudnya, Allah mengembalikan mereka menjadi hidup sesudah tubuh mereka
hancur, dan menciptakan kembali mereka sesudah tiada. Sebagaimana yang
disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:
{وَضَرَبَ لَنَا مَثَلا وَنَسِيَ خَلْقَهُ قَالَ مَنْ يُحْيِي الْعِظَامَ
وَهِيَ رَمِيمٌ. قُلْ يُحْيِيهَا الَّذِي أَنْشَأَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ
وَهُوَ بِكُلِّ خَلْقٍ عَلِيمٌ. الَّذِي جَعَلَ لَكُمْ مِنَ الشَّجَرِ
الأخْضَرِ نَارًا فَإِذَا أَنْتُمْ مِنْهُ تُوقِدُونَ}
Dan dia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya.
Ia berkata, "Siapakah yang dapat menghidupkan tulang-belulang yang telah
hancur luluh?” Katakanlah, "Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang
menciptakannya pertama kali. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala
makhluk, yaitu Tuhan yang menjadikan untuk kalian api dari kayu yang
hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu." (Yasin:
78-80)
Ayat-ayat lain yang semakna cukup banyak.
قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا بَهز، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ
سَلَمَةَ قَالَ: أَنْبَأَنَا يَعْلَى عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ وَكِيعِ بْنِ
حُدُس، عَنْ عَمِّهِ أَبِي رَزين الْعُقَيْلِيِّ -وَاسْمُهُ لَقِيط بْنُ
عَامِرٍ -أَنَّهُ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَكُلُّنَا يَرَى رَبَّهُ
عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ؟ وَمَا آيَةُ ذَلِكَ فِي خَلْقِهِ؟
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَلَيْسَ
كُلُّكُمْ يَنْظُرُ إِلَى الْقَمَرِ مُخْليا بِهِ؟ " قُلْنَا: بَلَى.
قَالَ: "فَاللَّهُ أَعْظَمُ". قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، كَيْفَ
يُحْيِي اللَّهُ الْمَوْتَى، وَمَا آيَةُ ذَلِكَ فِي خَلْقِهِ؟ قَالَ:
"أَمَا مَرَرْتَ بِوَادِي أَهْلِكَ مَحْلًا " قَالَ: بَلَى. قَالَ: "ثُمَّ
مَرَرْتَ بِهِ يَهْتَزُّ خَضِرًا؟ ". قَالَ: بَلَى. قَالَ: "فَكَذَلِكَ
يُحْيِي اللَّهُ الْمَوْتَى، وَذَلِكَ آيَتُهُ فِي خَلْقِهِ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Bahz, telah
menceritakan kepada kami Hammad ibnu Salamah yang mengatakan bahwa Ya'la
ibnu Ata telah menceritakan kepada kami dari Waki', dari Addi, dari
pamannya Abu Razin Al-Uqaili yang nama aslinya ialah Laqit ibnu Amir,
bahwa ia pernah bertanya kepada Rasulullah Saw., "Wahai Rasulullah,
apakah kita semua akan melihat Tuhan kita kelak di hari kiamat, dan
apakah perumpamaan hal tersebut pada makhluk-Nya?" Rasulullah Saw.
menjawab, "Bukankah kalian semua dapat melihat bulan tanpa
berdesak-desakan?" Kami (para sahabat) menjawab, "Ya, benar." Rasulullah
Saw. bersabda, "Allah lebih besar lagi." Laqit ibnu Amir melanjutkan
kisahnya, bahwa lalu ia bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah Allah
menghidupkan orang-orang yang telah mati? Berilah perumpamaan hal itu
pada makhluk-Nya." Rasulullah Saw. bersabda, "Bukankah kamu pernah
melewati lembah tempat keluargamu yang tandus itu?" Ia menjawab, "Ya,
benar." Rasulullah Saw. bersabda lagi, "Kemudian kamu melewatinya lagi
(di lain waktu) yang ternyata tampak hijau lagi subur?" Ia menjawab,
"Ya, benar." Rasulullah berkata, "Demikian pula Allah menghidupkan
orang-orang mati. Itulah tanda kekuasaan-Nya pada makhluk-Nya."
Imam Abu Daud dan Imam Ibnu Majah telah meriwayatkannya melalui hadis Hammad ibnu Salamah dengan sanad yang sama.
Imam Ahmad telah meriwayatkan pula telah menceritakan kepada kami Ali
ibnu Ishaq, telah menceritakan kepada kami Ibnul Mubarak, telah
menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu Yazid ibnu Jabir, dari
Sulaiman ibnu Musa, dari Abu Razin Al-Uqaili yang mengatakan bahwa ia
datang kepada Rasulullah Saw. dan bertanya, "Wahai Rasulullah,
bagaimanakah Allah menghidupkan orang-orang yang telah mati?" Rasulullah
Saw. bersabda, "Bukankah kamu pernah melewati suatu daerah dari kawasan
tempat tinggal kaummu yang tampak tandus, kemudian di lain waktu kamu
melewatinya dalam keadaan subur?" Ia menjawab, "Benar." Rasulullah Saw.
bersabda, "Demikianlah caranya kejadian di hari berbangkit nanti."
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah
menceritakan kepada kami Isa ibnu Marhum, telah menceritakan kepada
kami Bukair ibnus Samit, dari Qatadah, dari Abul Hajjaj, dari Mu'az ibnu
Jabal yang mengatakan, "Barang siapa yang meyakini bahwa Allah adalah
Hak yang Jelas, dan bahwa hari kiamat pasti terjadi tiada keraguan
padanya, dan bahwa Allah akan membangkitkan orang-orang yang mati dari
dalam kuburnya, tentulah ia masuk surga."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar