Fitnah Al-Masih Dajjal telah banyak diceritakan oleh Nabi Muhammad
Sollallahu A’laihi Wasalam. Bukan hanya Nabi SAW sahaja yang
menceritakan perihal fitnah dahsyat Dajjal ini, bahkan setiap nabi yang
diutuskan oleh Allah SWT pasti akan memberikan peringatan kepada ummat
masing-masing.
Persoalannya, mengapakah fitnah Dajjal ini dikatakan fitnah yang dahsyat
yang akan melanda umat akhir zaman? Apakah istimewanya Dajjal Al-Masih
ini? Tidakkah sama dengan fitnah yang dilontarkan oleh Raja Namrud
kepada Nabi Ibrahim a.s? Ataupun fitnah Firaun yang mengatakan beliau
adalah Tuhan sekalian Alam dan memerintahkan semua rakyat
menyembahnya?Pastinya terdapat keistimewaan dengan fitnah yang dahsyat
ini sehinggakan setiap Nabi memberi peringatan kepada setiap umatnya.
Bagi pendapat saya, fitnah ini sangat dahsyat kerana Dajjal menabur
fitnah ke atas setiap manusia pada setiap zaman bermula dari zaman
kehidupan negara Samiri (susur galur keturunan Sam Bin Nuh) sehinggalah
penghujung riwayat dunia ini.
FITNAH BESAR MENJADI BERITA YANG SAYU DAN LEMAH
Saya pernah terfikir, mengapakah ramai orang dan para ulama jarang
bercerita tentang Dajjal ini walhal cerita ini telah diceritakan sendiri
oleh Nabi Muhammad SAW. Adakah mereka tidak percaya dengan semua ini?
Dalam pengamatan saya sepanjang membaca buku “Membongkar Misteri
Dajjal”, penulis memberikan ulasan dan pendapat tentang fitnah besar
yang menjadi suram ini. Menurut penulis, hal ini berlaku kerana banyak
khilaf di kalangan ulama tentang bagaimana Dajjal muncul, bagaimanakah
rupa Dajjal, Dajjal tinggal di mana dan bilakah Al-Masih ini akan
keluar.
Apabila terlalu banyak versi yang diutarakan oleh para ulama, ia
menyebabkan ramai manusia yang tidak mengambil endah tentang fitnah
Dajjal ini akibat terkeliru dengan kisah ini. Akhirnya kisah ini menjadi
sayu dan mengganggap cerita ini sebagai tahyul dan mistik.
Nauzubillah..
HADITH RASULULLAH MENGENAI KISAH DARI TAMIM AD-DARI
Sebagai permulaan dalam kisah ini, marilah kita merenung sebuah hadith
sahih yang panjang dan mahsyur yang diriwayatkan oleh ramai
sahabat-sahabat Nabi SAW. Kisah ini diceritakan oleh seorang yang baru
memeluk Islam ketika itu, dan beliau menceritakan pengalamannya sesat di
sebuah pulau misteri dan berjumpa dengan sesuatu yang agak pelik.
Namanya Abu Ruqayyah Tamim bin Aus bin Kharijah Ad-Dari. Tamim Ad Dari
adalah orang yang pernah bertemu dengan Dajjal, sesungguhnya Dajjal
sudah ada sejak Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam masih hidup,
namun ia dibelengguh oleh Allah subhanahu wata'ala di suatu tempat.
Tamim Ad Dari adalah seorang nasrani namun ia mendatangi Rasulullah
untuk berbaiat dan masuk islam dan menceritakan semua kejadian yang ia
lihat mengenai Dajjal, namun Rasulullah sudah mengetahui tentang Dajjal
sebelum disampaikan langsung oleh Tamim Ad Dari.
Beliau salah seorang shahabat rasul yang mulia. Namanya tidak asing bagi
kaum muslimin, masuk islam ketika Rasulullah di Madinah. Sepeninggal
Khalifah Utsman bin Affan, Tamim meninggalkan kota Madinah dan menetap
di Baitul Maqdis hingga meninggal di sana pada tahun 40 H.
Shahabat inilah yang pernah melihat Dajjal dengan kedua matanya.
Shahabat ini pulalah yang pernah berbicara dan mendengar pembicaraan
Dajjal dengan kedua telinganya. Sebelum islam, Tamim beragama nasrani.
Saat dirinya nasrani itulah dia melihat Dajjal. Hingga kemudian Allah
lapangkan dadanya untuk menerima islam dan ia beritakan kisahnya kepada
Rasulullah saw.
Di Mana Tamim Ad-Dari melihat Dajjal? Bagaimana kisahnya ? Seperti yang
dilansir zizaal. Tiba saatnya kita baca bersama sebuah riwayat shahih
mengenai Dajjal dalam sebuah hadits yang dikenal dikalangan ulama dengan
sebutan Hadits Jassasah.
حَدَّثَنَا ابْنُ بُرَيْدَةَ حَدَّثَنِي عَامِرُ بْنُ شَرَاحِيلَ
الشَّعْبِيُّ شَعْبُ هَمْدَانَ أَنَّهُ سَأَلَ فَاطِمَةَ بِنْتَ قَيْسٍ
أُخْتَ الضَّحَّاكِ بْنِ قَيْسٍ وَكَانَتْ مِنْ الْمُهَاجِرَاتِ الْأُوَلِ
فَقَالَ حَدِّثِينِي حَدِيثًا سَمِعْتِيهِ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُسْنِدِيهِ إِلَى أَحَدٍ غَيْرِهِ
فَقَالَتْ لَئِنْ شِئْتَ لَأَفْعَلَنَّ فَقَالَ لَهَا أَجَلْ حَدِّثِينِي
فَقَالَتْ نَكَحْتُ ابْنَ الْمُغِيرَةِ وَهُوَ مِنْ خِيَارِ شَبَابِ
قُرَيْشٍ يَوْمَئِذٍ فَأُصِيبَ فِي أَوَّلِ الْجِهَادِ مَعَ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا تَأَيَّمْتُ خَطَبَنِي
عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي نَفَرٍ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَخَطَبَنِي رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى مَوْلَاهُ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ
وَكُنْتُ قَدْ حُدِّثْتُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحَبَّنِي فَلْيُحِبَّ أُسَامَةَ فَلَمَّا
كَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْتُ
أَمْرِي بِيَدِكَ فَأَنْكِحْنِي مَنْ شِئْتَ فَقَالَ انْتَقِلِي إِلَى
أُمِّ شَرِيكٍ وَأُمُّ شَرِيكٍ امْرَأَةٌ غَنِيَّةٌ مِنْ الْأَنْصَارِ
عَظِيمَةُ النَّفَقَةِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَنْزِلُ عَلَيْهَا الضِّيفَانُ
فَقُلْتُ سَأَفْعَلُ فَقَالَ لَا تَفْعَلِي إِنَّ أُمَّ شَرِيكٍ امْرَأَةٌ
كَثِيرَةُ الضِّيفَانِ فَإِنِّي أَكْرَهُ أَنْ يَسْقُطَ عَنْكِ خِمَارُكِ
أَوْ يَنْكَشِفَ الثَّوْبُ عَنْ سَاقَيْكِ فَيَرَى الْقَوْمُ مِنْكِ بَعْضَ
مَا تَكْرَهِينَ وَلَكِنْ انْتَقِلِي إِلَى ابْنِ عَمِّكِ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ عَمْرِو ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ وَهُوَ رَجُلٌ مِنْ بَنِي فِهْرٍ
فِهْرِ قُرَيْشٍ وَهُوَ مِنْ الْبَطْنِ الَّذِي هِيَ مِنْهُ فَانْتَقَلْتُ
إِلَيْهِ فَلَمَّا انْقَضَتْ عِدَّتِي سَمِعْتُ نِدَاءَ الْمُنَادِي
مُنَادِي رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنَادِي
الصَّلَاةَ جَامِعَةً فَخَرَجْتُ إِلَى الْمَسْجِدِ فَصَلَّيْتُ مَعَ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكُنْتُ فِي صَفِّ
النِّسَاءِ الَّتِي تَلِي ظُهُورَ الْقَوْمِ
فَلَمَّا قَضَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
صَلَاتَهُ جَلَسَ عَلَى الْمِنْبَرِ وَهُوَ يَضْحَكُ فَقَالَ لِيَلْزَمْ
كُلُّ إِنْسَانٍ مُصَلَّاهُ ثُمَّ قَالَ أَتَدْرُونَ لِمَ جَمَعْتُكُمْ
قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ
إِنِّي وَاللَّهِ مَا جَمَعْتُكُمْ لِرَغْبَةٍ وَلَا لِرَهْبَةٍ وَلَكِنْ
جَمَعْتُكُمْ لِأَنَّ تَمِيمًا الدَّارِيَّ كَانَ رَجُلًا نَصْرَانِيًّا
فَجَاءَ فَبَايَعَ وَأَسْلَمَ وَحَدَّثَنِي حَدِيثًا وَافَقَ الَّذِي
كُنْتُ أُحَدِّثُكُمْ عَنْ مَسِيحِ الدَّجَّالِ حَدَّثَنِي أَنَّهُ رَكِبَ
فِي سَفِينَةٍ بَحْرِيَّةٍ مَعَ ثَلَاثِينَ رَجُلًا مِنْ لَخْمٍ وَجُذَامَ
فَلَعِبَ بِهِمْ الْمَوْجُ شَهْرًا فِي الْبَحْرِ ثُمَّ أَرْفَئُوا إِلَى
جَزِيرَةٍ فِي الْبَحْرِ حَتَّى مَغْرِبِ الشَّمْسِ فَجَلَسُوا فِي
أَقْرُبْ السَّفِينَةِ فَدَخَلُوا الْجَزِيرَةَ فَلَقِيَتْهُمْ دَابَّةٌ
أَهْلَبُ كَثِيرُ الشَّعَرِ لَا يَدْرُونَ مَا قُبُلُهُ مِنْ دُبُرِهِ مِنْ
كَثْرَةِ الشَّعَرِ فَقَالُوا وَيْلَكِ مَا أَنْتِ فَقَالَتْ أَنَا
الْجَسَّاسَةُ قَالُوا وَمَا الْجَسَّاسَةُ قَالَتْ أَيُّهَا الْقَوْمُ
انْطَلِقُوا إِلَى هَذَا الرَّجُلِ فِي الدَّيْرِ فَإِنَّهُ إِلَى
خَبَرِكُمْ بِالْأَشْوَاقِ قَالَ لَمَّا سَمَّتْ لَنَا رَجُلًا فَرِقْنَا
مِنْهَا أَنْ تَكُونَ شَيْطَانَةً قَالَ فَانْطَلَقْنَا سِرَاعًا حَتَّى
دَخَلْنَا الدَّيْرَ فَإِذَا فِيهِ أَعْظَمُ إِنْسَانٍ رَأَيْنَاهُ قَطُّ
خَلْقًا وَأَشَدُّهُ وِثَاقًا مَجْمُوعَةٌ يَدَاهُ إِلَى عُنُقِهِ مَا
بَيْنَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى كَعْبَيْهِ بِالْحَدِيدِ قُلْنَا وَيْلَكَ مَا
أَنْتَ قَالَ قَدْ قَدَرْتُمْ عَلَى خَبَرِي فَأَخْبِرُونِي مَا أَنْتُمْ
قَالُوا نَحْنُ أُنَاسٌ مِنْ الْعَرَبِ رَكِبْنَا فِي سَفِينَةٍ
بَحْرِيَّةٍ فَصَادَفْنَا الْبَحْرَ حِينَ اغْتَلَمَ فَلَعِبَ بِنَا
الْمَوْجُ شَهْرًا ثُمَّ أَرْفَأْنَا إِلَى جَزِيرَتِكَ هَذِهِ فَجَلَسْنَا
فِي أَقْرُبِهَا فَدَخَلْنَا الْجَزِيرَةَ فَلَقِيَتْنَا دَابَّةٌ
أَهْلَبُ كَثِيرُ الشَّعَرِ لَا يُدْرَى مَا قُبُلُهُ مِنْ دُبُرِهِ مِنْ
كَثْرَةِ الشَّعَرِ فَقُلْنَا وَيْلَكِ مَا أَنْتِ فَقَالَتْ أَنَا
الْجَسَّاسَةُ قُلْنَا وَمَا الْجَسَّاسَةُ قَالَتْ اعْمِدُوا إِلَى هَذَا
الرَّجُلِ فِي الدَّيْرِ فَإِنَّهُ إِلَى خَبَرِكُمْ بِالْأَشْوَاقِ
فَأَقْبَلْنَا إِلَيْكَ سِرَاعًا وَفَزِعْنَا مِنْهَا وَلَمْ نَأْمَنْ أَنْ
تَكُونَ شَيْطَانَةً فَقَالَ أَخْبِرُونِي عَنْ نَخْلِ بَيْسَانَ قُلْنَا
عَنْ أَيِّ شَأْنِهَا تَسْتَخْبِرُ قَالَ أَسْأَلُكُمْ عَنْ نَخْلِهَا هَلْ
يُثْمِرُ قُلْنَا لَهُ نَعَمْ قَالَ أَمَا إِنَّهُ يُوشِكُ أَنْ لَا
تُثْمِرَ قَالَ أَخْبِرُونِي عَنْ بُحَيْرَةِ الطَّبَرِيَّةِ قُلْنَا عَنْ
أَيِّ شَأْنِهَا تَسْتَخْبِرُ قَالَ هَلْ فِيهَا مَاءٌ قَالُوا هِيَ
كَثِيرَةُ الْمَاءِ قَالَ أَمَا إِنَّ مَاءَهَا يُوشِكُ أَنْ يَذْهَبَ
قَالَ أَخْبِرُونِي عَنْ عَيْنِ زُغَرَ قَالُوا عَنْ أَيِّ شَأْنِهَا
تَسْتَخْبِرُ قَالَ هَلْ فِي الْعَيْنِ مَاءٌ وَهَلْ يَزْرَعُ أَهْلُهَا
بِمَاءِ الْعَيْنِ قُلْنَا لَهُ نَعَمْ هِيَ كَثِيرَةُ الْمَاءِ
وَأَهْلُهَا يَزْرَعُونَ مِنْ مَائِهَا قَالَ أَخْبِرُونِي عَنْ نَبِيِّ
الْأُمِّيِّينَ مَا فَعَلَ قَالُوا قَدْ خَرَجَ مِنْ مَكَّةَ وَنَزَلَ
يَثْرِبَ قَالَ أَقَاتَلَهُ الْعَرَبُ قُلْنَا نَعَمْ قَالَ كَيْفَ صَنَعَ
بِهِمْ فَأَخْبَرْنَاهُ أَنَّهُ قَدْ ظَهَرَ عَلَى مَنْ يَلِيهِ مِنْ
الْعَرَبِ وَأَطَاعُوهُ قَالَ لَهُمْ قَدْ كَانَ ذَلِكَ قُلْنَا نَعَمْ
قَالَ أَمَا إِنَّ ذَاكَ خَيْرٌ لَهُمْ أَنْ يُطِيعُوهُ وَإِنِّي
مُخْبِرُكُمْ عَنِّي إِنِّي أَنَا الْمَسِيحُ وَإِنِّي أُوشِكُ أَنْ
يُؤْذَنَ لِي فِي الْخُرُوجِ فَأَخْرُجَ فَأَسِيرَ فِي الْأَرْضِ فَلَا
أَدَعَ قَرْيَةً إِلَّا هَبَطْتُهَا فِي أَرْبَعِينَ لَيْلَةً غَيْرَ
مَكَّةَ وَطَيْبَةَ فَهُمَا مُحَرَّمَتَانِ عَلَيَّ كِلْتَاهُمَا كُلَّمَا
أَرَدْتُ أَنْ أَدْخُلَ وَاحِدَةً أَوْ وَاحِدًا مِنْهُمَا اسْتَقْبَلَنِي
مَلَكٌ بِيَدِهِ السَّيْفُ صَلْتًا يَصُدُّنِي عَنْهَا وَإِنَّ عَلَى كُلِّ
نَقْبٍ مِنْهَا مَلَائِكَةً يَحْرُسُونَهَا قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَطَعَنَ بِمِخْصَرَتِهِ فِي
الْمِنْبَرِ هَذِهِ طَيْبَةُ هَذِهِ طَيْبَةُ هَذِهِ طَيْبَةُ يَعْنِي
الْمَدِينَةَ أَلَا هَلْ كُنْتُ حَدَّثْتُكُمْ ذَلِكَ فَقَالَ النَّاسُ
نَعَمْ فَإِنَّهُ أَعْجَبَنِي حَدِيثُ تَمِيمٍ أَنَّهُ وَافَقَ الَّذِي
كُنْتُ أُحَدِّثُكُمْ عَنْهُ وَعَنْ الْمَدِينَةِ وَمَكَّةَ
Telah disampaikan kepada kami lbn Buraidah dan Amir bin Syurahbil
asy-Sya’bi, kabilah Hamdan bahawa dia pernah bertanya kepada Fathimah
binti Qais, saudara perempuan adh-Dhahhak bin Qais dan termasuk kelompok
perempuan pada hijrah pertama.
Amir berkata, ”Sampaikanlah kepadaku suatu hadis yang engkau dengar dari
Rasulullah saw yang tidak engkau sandarkan kepada siapapun selain
beliau. ”Fathimah berkata, "Jika engkau mahu nescaya aku lakukan. Amir
berkata, "Tentu, sampaikanlah kepadaku.” Fathimah berkata, ”Aku menikahi
lbn al-Mughirah. Dia termasuk pemuda plihan kaum Quraisy ketika itu.
LaIu dia terkena musibah pada permulaan jihad bersama Rasulullah saw.
Ketika aku telah menjadi janda, aku dilamar oleh Abdur Rahman bin ‘Auf
untuk salah seorang sahabat Rasulullah saw. Sementara itu, Rasulullah
melamarku untuk maulanya, Usamah bin Zaid. Aku pernah diberitahu bahawa
Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa mencintaiku, maka hendaklah dia
mencintai Usamah. Maka ketika Rasulullah saw bercakap kepadaku, aku
berkata, "Urusanku ada di tangan Anda. Nikahkanlah aku kepada siapa saja
yang Anda suka. Lalu Rasulullah saw bersabda. ‘Pindahlah kamu ke Ummu
Syarik. ‘Ummu Syarik adalah perempuan kaya dan kalangan Ansar yang telah
banyak memberikan sumbangan di jalan Allah dan disinggahi banyak tamu.
Aku berkata, Aku akan melakukannya. Maka beliau bersabda. "Jangan engkau
lakukan. Sesungguhnya Ummu Syarik adalah seorang wanita yang banyak
tamunya. Aku tidak suka kain tudungmu jatuh atau baju tersingkap dan
kedua betismu sehingga kaum itu akan melihat auratmu. Tetapi, pindahlah
ke putra pamanmu, ‘Abdullah bin Amr bin Ummi Maktum, seorang Ielaki dani
Bani Fihr’, Fathimah pun pindah kepadanya.
Ketika masa iddahku berakhir, aku mendengar seruan seorang sahabat
Rasulullah saw. "Marilah solah berjamaah” Maka aku pergi ke masjid dan
solat bersama Rasulullah saw. pada barisan wanita yang berada tepat di
belakang kaum itu. Setelah selesai solat, Rasulullah saw, duduk di
mimbar. Sambil tersenyum beliau bersabda. "Hendaklah setiap orang
tinggal di tempat salatnya. ’Selanjutnya beliau bersabda,’ Apakah kamu
semua mengetahui sebab aku mengumpulkan kamu? Mereka menjawab, "Hanya
Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui. ’Beliau bersabda,
“Sesungguhnya demi Allah, tidaklah aku kumpulkan kalian untuk sesuatu
yang menggembirakan atau menakutkan kalian, namun aku kumpulkan kalian
karena tamim Addari.” “Dahulu ia seorang nasrani yang kemudian datang
berbaiat (memberikan sumpah setia) dan masuk islam serta mengabariku
sebuah kisah yang kisah itu sesuai dengan apa yang pernah aku kisahkan
kepada kalian tentang Al-Masih Ad-Dajjal.” Ia memberitakan bahwa ia naik
kapal bersama 30 orang dari kabilah Lakhm dan Judzam. Ditengah
perjalanan, mereka dipermainkan badai ombak hingga berada di tengah laut
selama satu bulan sampai mereka terdampar di sebuah pulau di tengah
lautan tersebut saat tenggelam matahari merekapun duduk di perahu-perahu
kecil.
Mereka pun memasuki pulau tersebut hingga menjumpai binatang yang
berambut sangat lebat dan kaku hingga mereka tidak tahu mana kubul mana
dubur karena demikian lebat bulunya.
” Merekapun berkata: “Celaka, kamu ini apa?
ia menjawab: “Aku adalah al-jassasah .
” Mereka mengatakan: “Apakah al jasasah itu ?.
Ia berkata: “Wahai kaum pergilah klian kepada seorang lelaki yang ada
dalam rumah ibadah itu sesungguhnya ia sangat merindukan berita kalian!”
Berkata Tamim: “Ketika dia menyebutkan untuk kami seorang laki-laki,
kami menjadi khawatir kalau-kalau binatang itu ternyata setan. Kamipun
bergerak menuju kepadanya dengan cepat sehingga kami masuk ke tempat
ibadah itu.”
“Ternyata didalamnya ada orang yang paling besar yang pernah kami lihat,
dan paling kuat ikatannya. Kedua tangannya terikat dengan leher, antara
dua lutut dan dua mata kaki terikat dengan besi.”
Kami katakana kepadanya: “Celaka, kamu ini apa?”
Ia menjawab: “Kalian telah mampu mengetahui tentang aku, maka beritakan kepadaku siapa kalian ini
Rombongan Tamim menjawab: “Kami ini orang-orang Arab kami menaiki kapal
ternyata kami bertepatan mendapati laut sedang bergelombang luar biasa
sehingga kami dipermainkan ombak selama satu bulan sampai hingga
terdampar di pulamu ini. Kamipun naik perahu-perahu kecil memasuki pula
ini dan bertemu dengan binatang yang sangat lebat dan kaku rambutnya
tidak diketahui mana kubul dan mana dubur karena lebat rambutnya.
Kamipun mengatakan: “Celaka kamu, kamu ini apa?”
Ia menjawab: Aku adalah jasasah.
Kamipun bertanya: Apa itu Jassasah,
Ia malah berkata: Wahai kaum pergilah kalian kepada laki-laki yang ada
dalam rumah ibadah itu sesungguhnya ia sangat merindukan berita kalian.
” Kami pun segera menuju kepadamu, kami khawatir kalau binatang itu ternyata setan
Lalu orang itu mengatakan: “Kabarkan kepadaku tentang pohon-pohon korma di Baisan
Kami mengatakan: Tentang apa engkau meminta beritanya ?” Dia berkata:
“Aku bertanya kepada kalian tentang pohon korma apakah masih berbuah.”
Kami menjawab: iya Ia mengatakan: “Sesungguhnya hampir hampir dia tidak akan mengeluarkann buahnya.”
“Kabarkan pula kepadaku tentang danau Thobariyah ?” tanya orang ini.
Kami menjawab: “Tentang apa engkau meminta beritanya?”
“Apakah masih ada airnya, jawabnya.
Mereka menjawab: Danau itu banyak airnya
Dia mengatakan: Sesungguhnya hampir-hampir air akan hilang.
Kabarkan kepadaku tentang mata air Zughor
Mereka mengatakan: Tentang apa kamu minta berita?
Apakah di mata air itu masih ada airnya? Dan apakah penduduk masih bertani dengan airnya? Jawab Dajjal
Kami menjawab: “Iya, mata air itu deras airnya dan penduduk bertani dengannya.”
Ia berkata: “Kabarkan kepadaku tentang nabi ummiyyin apa yang dia lakuakan ?”
Mereka menjawab: “Ia telah muncul dari Makkah dan tinggal di Yatsrib.”
Ia mengatakan: “Apakah orang-orang arab memeranginya?”
Kami menjawab: “Ya.”
Ia mengatakan lagi: “Apa yang ia lakukan terhadap orang-orang Arab.”
Maka kami beritakan bahwa ia telah menang atas orang-orang arab dan mereka taat kepadanya Ia mengatakan: “Itu sudah terjadi?”
Kami katakan: “Ya.”
Ia mengatakan: “Sesungguhnya baik mereka untuk taat kepadanya.”
“Sekarang aku akan beritakan kepada kalian tentang aku: “Sesungguhnya
aku adalah Al-Masih dan hampir-hampir aku diberi izin untuk keluar,
hingga aku keluar lalu berjalan di bumi dan tidak kutinggalkan satu
negeripun kecuali aku akan turun padanya dalam waktu 40 malam kecuali
Mekah dan Thaybah, keduanya haram bagiku.
Setiap kali aku akan masuk pada salah satu kota ini, malaikat
menghadangku dengan pedang terhunus di tangan menghalangiku darinya dan
sesungguhnya pada tiap celah ada para malaikat yang menjaganya.
Fatimah mengatakan: Maka Rasulullah saw bersabda dengan menusukkan
tongkat di mimbar sambil mengatakan: “Inilah Thaiybah, Inilah Thaiybah,
Inilah Thaiybah, yakni Kota Madinah.”
Apakah aku telah beritahukan kalian tentang hal itu ?
Orang-orang menjawab: Iya
Nabi berkata: Sesungguhnya cerita Tamim menakjubkanku, kisahnya sesuai
dengan apa yang aku ceritakan kepada kalian tentang Dajjal serta tentang
mekah dan madinah.
Kemudian beliau bersabda:
أَلَا إِنَّهُ فِي بَحْرِ الشَّأْمِ أَوْ بَحْرِ الْيَمَنِ لَا بَلْ مِنْ
قِبَلِ الْمَشْرِقِ مَا هُوَ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ مَا هُوَ مِنْ قِبَلِ
الْمَشْرِقِ مَا هُوَ وَأَوْمَأَ بِيَدِهِ إِلَى الْمَشْرِقِ
Ketahuilah bahwa ia berada di lautan Syam atau lautan Yaman,” Oh, tidak!
Bahkan dari arah timur! Tidak Dia dari arah timur, Tidak Dia dari arah
timur dan beliau mengisyaratkan dengantangan ke arah timur
Hadits Jassasah diriwayatkan Imam Muslim dalam Shahihnya Kitabul Fitan
Wa Asyrotis Sa’ah. bab Qishoshul Jassasah (4/2261 no. 2942). Demikian
kisah nabawi yang penuh ibroh mengisahkan perjalanan Sahabat Tamim
Ad-Dari yang menegangkan namun perjalanan itu menjadi salah satu sebab
dia mendapatkan Hidayah.
Kemudian Tamim ad-Dari pergi bersama kawan-kawannya dan tidak kembali
lagi ke pulau itu. Kalaupun mereka berflkir untuk kembali ke pulau itu,
mereka tidak akan dapat sampai ke pulau itu, walaupun mereka mempunyai
pengalaman belayar. Sebab setelah peristiwa ini pulau tersebut menjadi
jauh untuk sampai ke situ. Ombak-ombaknya digerakkan dengan kekuasaan
Allah swt. Seakan-akan ombak itu sendiri adalah perahu yang bergerak di
lautan. Allah menetapkan bahawa tidak ada seorang pun yang datang ke
pulau itu setelah Dajjal ada di dalamnya.
Didalam riwayat Ahmad disebutkan bahwa Rasulullah saw pernah
mengakhirkan shalat isya pada suatu malam kemudian beliau saw keluar dan
bersaba,”Aku terhalangi oleh kisah yang diceriakan oleh Tamim ad Dari
tentang seorang laki-laki di sebuah pulau di tengah laut. Dan ketika ada
seorang wanita yang terurai rambutnya lalu ada yang bertanya,”Siapakah
kamu?’ wanita itu menjawab,”Aku adalah al jassasah. Dan pergilah ke
biara itu.’ Maka aku (Tamim ad Dari) pun pergi menemui seorang laki-laki
yang terurai rambutnya dan terbelenggu oleh besi melompat-lompat antara
langit dan bumi.’ Aku pun bertanya,’Siapakah kamu?’ dia menjawab,’Aku
adalah dajjal. Apakah tekah diutus seorang nabi yang ummi?’ Aku
menjawab,’benar.’ Dia berkata,’Apakah mereka menaatinya atau makasiat
terhadapnya?’ aku menjawab,’bahkan mereka menaatinya.’ Dia berkata,’hal
itu lebih baik bagi mereka.”
Didalam menjelaskan tentang al jasssasah ini, al ‘Alamah Abu Thayib
Abadi mengatakan bahwa mereka (rombongan Tamim) bertemu dengan seekor
binatang melata yang berambut sangat lebat lalu binatang itu
ditanya,”Siapakah kamu?’ dia menjawab,”Aku adalah al jassasah.” Ada yang
mengatakan bahwa untuk menggabungkan antara dia riwayat tersebut yaitu
bahwa dajjal memiliki dua al jassasah. Yang pertama adalah seekor
binatang sedangkan yang kedua adalah seorang wanita.
Ada kemungkinan juga bahwa al jassasah adalah setan yang kadang
menyerupai seekor binatang melata dan kadang menyerupai seorang wanita.
Dan setan memiliki kemampuan untuk merubah bentuk dalam bentuk apa saja
yang dia inginkan.
Atau ada kemungkinan bahwa ia adalah seorang wanita, karena wanita juga
dinamakan dengan binatang melata sebagai bentuk kiasan sebagaimana
firman Allah swt :
وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِي الأَرْضِ إِلاَّ عَلَى اللّهِ رِزْقُهَا
Artinya,”Dan tidak ada suatu binatang melata (makhluk Allah yang
bernyawa) pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya.” (QS.
Huud : 6) – (Aunul Ma’bud juz XI hal 334 – 335)
Prilaku Tajassus Dalam Keseharian
Tentang al jassasah ini, Imam Nawawi mengatakan bahwa dinamakan al
jassasah dikarenakan binatang itu ditugaskan untuk tajasssus atau
memata-matai dan menyelidiki untuk mencari berbagai berita yang akan
diberikan kepada dajjal. (Shahih Muslim bi Syarhin Nawawi juz XVII hal
104)
Ibnu Manzhur mengatakan bahwa al jassasah berada disuatu pulau ditengah
laut memata-matai sambil mencari berita yang akan diberikan kepada
dajjal.. sebagaimana disebutkan didalam hadits Tamim ad Dari, yang
mengatakan,”Saya adalah al jassasah” yaitu binatang yang dilihat disuatu
pulau ditengah laut. Dan dinamakan dengan nama itu dikarenakan biantang
itu mencari berbagai berita untuk diberikan kepada dajjal. (Lisanul
Arab juz VI hal 38)
Penuturan Imam Nawawi dan Ibnu Manzhur diatas adalah menurut arti
bahasanya yang berarti memata-matai, mengintip atau menyelidiki.
Sehingga orang yang senantiasa berusaha mencari-cari berita atau
informasi disebut dengan al jaasuus. Al Jaasuus juga dipakai untuk orang
yang senantiasa mencari-cari aib atau cacat orang lain, sebagaimana
disebutkan didalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi bahwa
Rasulullah saw bersabda,”Janganlah kalian saling memata-matai…”
Dan mereka semua tidaklah bisa disebut dengan al jassasah dikarenakan
dalil-dalil yang menceritakan tentang al jassasah tidaklah diperuntukkan
bagi mereka, sebagaimana penjelasan diatas meskipun secara lahiriyahnya
ada kesamaan prilaku antara keduanya yaitu sama-sama mencari berita.
Wallohu A'lam Bisshowab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar